Kiat Kodim Aceh Selatan Bangkitkan Nasionalisme Generasi Muda

ACEH SELATAN - Semangat nasionalisme merupakan salah satu modal utama yang harus dimiliki Bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman-ancaman ketahanan nasional sebagai dampak negatif globalisasi. Tanpa adanya semangat nasionalisme, maka akan timbul perpecahan dan disintegrasi Bangsa Indonesia.

Penyebab lunturnya nasionalisme bangsa karena adanya pengaruh globalisasi dan kemajuan tekhnologi yang tak terbendung,  dengan seiring berkembangnya zaman, rasa nasionalisme kian memudar pada generasi muda Bangsa Indonesia.

Hal tersebut membuat TNI AD merasa sangat prihatin akan kondisi Bangsa Indonesia selama ini. Oleh karena itu, melalui satuan teritorial, Kodim 0107/Aceh Selatan merupakan satuan dibawah Kodam Iskandar Muda Korem 012/Teuku Umar terus melakukan usaha perlawanan terhadap upaya memperlemah jiwa patriotisme dan nasionalisme serta pendangkalan ideologi Pancasila yang menjadi dasar Negara Republik Indonesia pada generasi muda dengan menggunakan berbagai cara dan kiat.

Kiat membangkitkan kembali semangat generasi muda yang dilakukan Kodim 0107/Aceh Selatan adalah melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan (Wasbang), latihan PBB dan permainan outbound kepada lebih kurang 500 orang siswa SMA sederajat di Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (13/07/2017).

Kegiatan Wasbang, PBB dan outbound dilakukan selama 5 hari berturut-turut di lima sekolah dalam Kecamatan Tapaktuan yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMA Unggul, SMKN, MAN Negeri. Selaku pemateri Wasbang adalah Kapten Inf Raflizar, Kapten Inf Kamsita Sari, Kapten Inf Muhammad Nasir dan Kapten Inf Endang Ruhiyat.

Kiat tersebut sangat efektif, kolaborasi metode ceramah/teori dengan implementasi dalam wujud nyata. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, pemateri dan instruktur dari Kodim 0107/Aceh Selatan memberikan kiat dengan   membekali siswa pengetahuan wawasan kebangsaan nasional kemudian latihan PBB sebagai bentuk awal membela negara, menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebersamaan.

Dilanjutkan permainan outbound dengan tujuan meningkatkan rasa nasionalisme berupa rasa persatuan dan kesatuan, kekompakan, menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung, serta memotivasi siswa dalam bentuk tindakan nyata.

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf Hary Mulyanto menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan Wasbang, PBB dan outbound kepada siswa bertujuan untuk memupuk kembali rasa cinta tanah air agar generasi muda khususnya pelajar benar-benar memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

"Artinya semangat rela berkorban demi NKRI tertanam dalam jiwa generasi muda, sikap yang tulus dan ikhlas diwujudkan dalam perbuatan untuk kejayaan tanah air dan kebahagiaan bangsanya," ujar Dandim.

Dengan kondisi bangsa saat ini, lanjut Dandim, TNI selalu tanggap dan waspada terhadap setiap kemungkinan adanya unsur-unsur yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Unsur-unsur tersebut dapat berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang dapat membahayakan keamanan negara serta kelangsungan hidup bangsa.

“Selain itu, kita selenggarakan acara ini agar generasi muda dapat mengenal kembali dan membekali ideologi pancasila yang selama ini sudah mulai menurun, memupuk rasa persatuan dan cinta tanah air,” imbuhnya.


"Dari kegiatan yang dilakukan, tampak, siswa-siswi dengan penuh semangat dan antusias mengikuti kegiatan Wasbang, PBB dan outbound yang diselenggarakan Kodim 0107/Aceh Selatan," demikian terang Letkol Kav Hary Mulyanto.[Red]

Baca Juga