KNPI Tingkatkan Peran Pemuda Gampong Tenggulun

ACEH TAMIANG – Setiap manusia adalah pemimpin, namun kepemimpinan tidak lahir secara serta merta melainkan melalui proses dan pembelajaran yang nantinya akan menghasilkan kepemimpinan yang mampu berfikir strategis, visioner dan transformasional, serta berjiwa kewirausahawan. 

Hal ini disampaikan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh Tamiang, Adlin Nur, pada saat memberikan materi kepemimpinan nasional  dalam kegiatan “Peningkatan Peran Pemuda Dalam Kemajuan Kampung Serta Menjadikan Pemuda Yang Mandiri” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Gampong Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, di Gedung Balai Penyuluh Pertanian setempat, Selasa (25/07/17).

Adlin yang pernah menerima kehormatan “The Most Indonesian Leadership Figure Awards 2016” dari Yayasan Anugerah Prestasi Insani juga mengatakan bahwa yang tak kalah pentingnya dari sebuah kepemimpinan di era demokrasi yang sangat terbuka saat ini adalah bagaimana seorang pemimpin mampu menginduksi hal-hal positif yang ada pada dirinya sehingga tanpa disadari akhirnya mampu menjadi teladan bagi pengikut dan orang-orang yang dipimpinnya.

“Mudah bagi kita untuk menjadi seorang pimpinan, namun untuk menjadi pemimpin dibutuhkan kemampuan yang didapat dari sebuah proses dan pembelajaran, baik formal maupun non formal," jelas Adlin. 

Selain itu, Alumni TAPLAI KBS Pemuda Angkatan X - LEMHANAS RI ini menambahkan bahwa menjadi bagian pimpinan di tingkat dan lembaga apapun juga, baik nasional maupun daerah bukan saja anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, akan tetapi mengandung tanggung jawab moral yang sangat berat, karena selain akan diminta pertanggungjawaban dihadapan sang pencipta, nasib organisasi dan para pengikutnya atau yang dipimpinnya sangat tergantung pada kualitas kepemimpinannya.

“Baik untuk bisa dan berusaha menjadi orang penting, namun yang paling penting adalah bisa dan berusaha menjadi orang baik. Karena 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang tercipta dan terpelihara sampai saat ini merupakan hasil yang dicapai dan diperjuangkan oleh orang-orang baik sebelum kita," pungkasnya.[Red]

Baca Juga