Kodim 0107 Aceh Selatan Tanam 6000 Pohon Berbagai Jenis

ACEH SELATAN - Kodim 0107/Aceh Selatan melakukan pembagian dan penanaman 6000 batang pohon di setiap wilayah Koramil jajaran dalam rangka melestarikan lingkungan hidup serta mengantisipasi terjadinya bahaya banjir dan meluapnya air sehingga mengakibatkan kondisi sungai terancam abrasi.

Hal tersebut dilaksanakan oleh salah satu Koramil jajaran 07/Kluet Selatan yang melakukan penanaman pohon bakau sebanyak 140 batang di sepanjang sungai Desa Suak Bakung, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (04/07/2017).

Penanaman pohon bakau sepanjang 200 meter mulai dari pinggir sungai dekat makam pahlawan T. Cut Ali sampai ke belakang kantor Keuchik Suak Bakung dihadiri oleh Camat Kluet Selatan Saipul Helmi, SH, Danposramil Kluet Selatan Pelda Ervin Sormin, anggota Koramik 07/KS dan sejumlah perwakilan keuchik se-Kecamatan Kluet Selatan.

Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Kav Hary Mulyanto melalui Danposramil Kluet Selatan Pelda Ervin Sormin menyampaikan bahwa penanaman pohon bakau sebanyak 140 batang merupakan kegiatan produksi bibit persemaian permanen seksi program Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk penghijauan.

"Selain penghijauan, di wilayah Koramil Kluet Selatan, pohon ini kami tanam di sepanjang sungai untuk mengurangi dampak abrasi," terang Danposramil.

Ia juga menambahkan, Kodim 0107/Asel melalui Koramil 07/Kluet Selatan mengajak masyarakat Kluet Selatan untuk melestarikan lingkungan hidup, dengan penanaman pohon karena sangat banyak sekali manfaat yang dapat didapatkan.

"Diantaranya, ditinjau dari aspek lingkungan dengan menanam pohon dapat memproduksi oksigen, menurunkan suhu udara, menyerap karbondioksida, menambah cadangan air, mencegah erosi serta meningkatkan kesuburan tanah," jelasnya.

Informasi yang diterima dari Bintara Staf Teritorial Kodim 0107/Aceh Selatan, Sertu Baida melalui pesan whatsapp, pada tanggal 14 April 2017 Kodim telah mengirim surat permohonan bibit kepada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Wampu Sei Ular Medan dengan lokasi penanaman wilayah Aceh Selatan.

"Alhamdulillah, permohonan kita untuk pengadaan bibit di acc, jenis bibit yang diberikan berupa mahoni 2000 batang, trembesi 2000 batang, kencana 500 batang, nyamplung 500 batang dan dadap merah 1000 batang," ungkapnya.

Kepedulian TNI AD menjaga kelestarian lingkungan dengan program penghijauan telah dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan fungsi hutan, melindungi ekosistem, mengurangi abrasi dan mengurangi pemanasan global. 

"Harapannya, masyarakat akan lebih tergugah hatinya menanam pohon untuk kelangsungan hidup," tegasnya.[Red]

Baca Juga