Petani Abdya Kesulitan Dapatkan Pupuk Urea dan ZA

ABDYA - Kelangkaan pupuk Urea dan ZA, baik yang bersubsidi maupun non subsidi  yang melanda wilayah Kabupaten Abdya  semakin meluas. Kini hampir semua petani baik di Kecamatan Jeumpa dan kecamatan lainnya mengalami kesulitan mendapatkan pupuk. 

Kejadian inilah yang membuat sejumlah petani di Abdya ketar-ketir, sebab keadaan padi yang mereka tanam sangat membutukan pemupukan segera. Namun apa yang mereka inginkan sampai hari ini belum ditemukan disejumlah kios pengecer pupuk yang ada di Abdya.

"Kita sangat membutuhkan pupuk jenis Urea dan ZA. Mengingat padi yang ditanam sudah sangat membutuhkan pupuk saat ini, mau yang bersubsidi ataupun bukan tetap saja kita beli walaupun seadanya. Tetapi kini rata-rata kios pengecer kita tanya belum tersedia," sebut Abdullah (56), salah seorang petani kepada LintasAtjeh.com, Selasa (11/07/2017), di Jeumpa.

Lanjutnya, tidak tersedianya urea dan ZA dikwatirkan akan berpengaruh pada perkembangan pertumbuhan padi yang ujung-ujungnya sejumlah petani akan merugi. Apalagi keadaan kemarau seperti ini.

Ditempat terpisah, Khairul (21) juga mengakui sudah mencari pupuk Urea dan ZA pesanan orang tuanya ke seluruh kios pengecer pupuk dan obat-obatan pertanian yang ada di wilayah tersebut. Namun jawabannya tetap sama, belum ada kepastian kapan akan tersedianya kedua pupuk tersebut.

"Kita sangat berharap pihak instansi terkait ikut prihatin dengan situasi seperti ini dan segera mencari solusi yang terbaik," demikian ujarnya.

Sementara itu, pihak kios pengecer pupuk dan obat-obatan pertanian yang ditemui LintasAtjeh.com, tidak mau berjanji dan berspekulasi tentang ketidaktersedianya dua jenis pupuk yang dicari banyak petani tersebut.

"Tidak ada kepastian kapan akan ada, namum kita tetap melakukan komunikasi, baik dengan dinas terkait maupun dengan pihak yang bertanggungjawab tentang ini," sebut Zulkifli singkat.[ADI S]

Baca Juga