Program Penghijauan Kodim Aceh Selatan Sangat Tepat 

ACEH SELATAN - 450 batang bibit pohon yang diberikan Kodim 0107/Aceh Selatan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Koramil 11/Kluet Tengah untuk penghijauan dengan menggiatkan para pemuda Desa Malaka, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (10/07/2017).

Hadir dalam penanaman pohon yang digiatkan oleh Kodim 0107/Aceh Selatan adalah Danposramil 11/KT Serka Zeni Dahlan Harahap, Babinsa, Mantri Tani Tamleka, Anggota Polsek Kluet Tengah Brigadir Roni, para pegawai Kantor Kecamatan Kluet Tengah, sejumlah tokoh pemuda, masyarakat dan siswa SMA Kecamatan Kluet Tengah.

Sejumlah 450 batang bibit pohon tersebut ditanam di sepanjang jalan Desa Malaka dan pinggiran sungai Manggamat yang harus dijaga kelestariannya karena merupakan sungai yang begitu besar manfaatnya bagi kehidupan masyarakat Kluet Tengah.

"Sungai Manggamat ini mengairi air ke irigasi dan sawah yang ada di Kecamatan Kluet Tengah. Makanya kami memilih penanaman pohon di sepanjang sungai," ujar Kopral Husni Alwan salah satu Babinsa Posramil 11/Kluet Tengah yang sudah kenal betul dengan kondisi wilayah tersebut.

Ia juga menambahkan, pusaran aliran air tembus ke Kecamatan Meukek dan Kluet Selatan, sehingga kita mengajak masyarakat khususnya pemuda untuk peduli terhadap pentingnya penanaman pohon.

"Selain itu, tujuan penanaman bibit pohon yang terdiri dari trembesi, mahoni dan sadap untuk program penghijauan, menguatkan dasar tanah pinggiran sungai sehingga tidak mudah mengalami abrasi yang sewaktu-waktu bisa mengancam perkampungan," ujar Kopral Husni Alwan.

Sementara itu, Danposramil 11/KT mengatakan kegiatan tanam pohon tersebut guna melestarikan alam sekitar khususnya di wilayah Kecamatan Kluet Tengah.

"Harus bersama-sama segenap masyarakat melakukan upaya pelestarian alam dengan menanam pohon. Rusak alam ini karena ulah manusia dan akibatnya juga kepada manusia yang tinggal disekitar," terang Danposramil.

Danposramil juga memberi gambaran kepada masyarakat, pemuda dan siswa tentang manfaat penanaman pohon untuk puluhan tahun kedepan bagi generasi penerus. Harapannya para pemuda harus giat dan bersemangat memperjuangkan kelestarian alam, kepedulian tentang lingkungan hidup.

"Masyarakat dan pemuda sangat antusias melakukan penanaman pohon yang digelar oleh Koramil 11/Kluet Selatan Kodim 0107/Aceh Selatan dikarenakan salah satu tokoh pemuda Manggamat yang sangat mendukung program penghijauan dan kelestarian lingkungan hidup Kluet Tengah terus mendorong warga dan pemuda agar meremajakan alam dari kerusakan," sebut Serka Zeni Dahlan Harahap mengakhiri keterangannya.

Saat dikonfirmasi, salah satu tokoh pemuda Manggamat, Jalil menyampaikan bahwa program penghijauan yang dilakukan oleh TNI/Kodim 0107/Aceh Selatan melalui Koramil Kluet Tengah adalah salah satu program yang saat ini dapat dikatakan sangat tepat.

"Sangat terasa, saat ini suhu di Manggamat begitu panas dan memang mulai gersang ketika musim kemarau datang. Ini tentunya harus ada kestabilan antara kayu yang ditebang dengan jumlah penanaman," ungkap Jalil.

"Penghijauan memang sangat perlu dilakukan untuk tatanan hidup masyarakat yang sehat agar nantinya terhindar dari polusi udara," tegasnya.[Red]

Baca Juga