Seorang Warga Tamiang Serahkan Pistol Jenis S&W dan Tiga Butir Amunisi ke Polisi


ACEH TAMIANG - Seorang warga yang berasal dari Kecamatan Tenggulun, dengan secara rahasia menyerahkan sepucuk senjata api (senpi) laras pendek atau pistol jenis S&W No. 44257 warna silver dan tiga butir amunisi ke Polres Aceh Tamiang, melalui jajaran Polsek Kejuruan Muda, pada Rabu (05/07/2017) kemarin.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Yoga Prasetyo SIK melalui Kapolsek Kejuruan Muda, Iptu Muhammad Isral SIK kepada LintasAtjeh.com, Kamis (06/07/2017) mengatakan, proses penyerahan sepucuk pistol tersebut adalah hasil pengembangan penyelidikan atas kasus perampokan uang penjualan tanah yang terjadi beberapa bulan lalu di Dusun Lama Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, tepatnya pada hari Kamis, 27 April 2017, pukul 02.30 WIB.

Lebih lanjut, Kapolsek Kejuruan Muda menjelaskan, dari hasil pengembangan dan penyelidikan kasus perampokan tersebut, diketahui ada senjata api yang disembunyikan oleh mantan kombatan GAM semasa koflik Aceh dengan cara ditanam 12 tahun lalu, di salah satu lahan milik warga yang berlokasi di wilayah Pintu Kuari, Dusun Lama Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun.

Atas dasar itu, petugas dari Polsek Kejuruan Muda terjun ke lokasi tempat penyembunyian senpi tersebut, namun sesampainya di lapangan, ternyata sudah dibongkar dan diduga sudah dipindahkan ke lokasi yang lain oleh orang tidak dikenal. Jumlah senpi yang disembunyikan tidak diketahui secara pasti.

Lanjutnya, berdasarkan Informasi yang diterima, senjata tersebut kerap digunakan untuk perbuatan kriminalitas serta ada juga yang masih ditanam. Dan pihak kepolisian berupaya melakukan penggalangan dengan para warga serta pihak-pihak tertentu, sehingga akhirnya menuai hasil gemilang.

Pada Rabu (5/7/2017) sekira pukul 14.00 WIB kemarin, seorang warga Kecamatan Tenggulun mendatangi Mapolsek Kejuruan Muda dan secara suka rela menyerahkan  sepucuk senjata api (senpi) laras pendek atau pistol jenis S&W No. 44257 warna silver dan tiga butir amunisi.

"Identitas warga yang menyerahkan senpi tersebut kami rahasiakan agar menjaga keamanan yang bersangkutan. Saat ini senjata dan ketiga amunisi telah diamankan di Mapolsek Kejuruan Muda," tutup Iptu Muhammad Isral, SIK.[Zf/Sm]

Baca Juga