Serangan Hama Padi di Abdya Semakin Parah

ABDYA - Tanaman padi seluas 130 hektar dari empat kecamatan dalam Kabupaten Aceh Bara Daya (Abdya) terkena serangan hama. Data tersebut diperoleh setelah tim dari Provinsi Aceh melakukan pemeriksaan terhadap tanaman padi masyarakat setempat.

Data yang diperoleh LintasAtjeh.com, Senin (24/07/2017), dari Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Abdya, Hamdan menyebutkan ada empat kecamatan yang dikeluarkan data oleh Balai Proteksi Tanaman pangan dan Holtikultura (BPTPH) yang menyatakan ada 130 hektar tanaman padi yang terkena hama.

"Sedangkan yang harus diwaspadai sekitar 540 hektar dan yang telah dilakukan pengendalian seluas 174 hektar," sebut Hamdan.

Lanjut Hamdan, keempat kecamatan yang terkena serangan hama diantaranya Kecamatan Manggeng, Tangan-Tangan, Setia dan Kecamatan Blangpidie. Untuk saat ini yang paling luas terkena serangan hama di Kecamatan Setia yang mencapai 87 hektar berikut Tangan-Tangan 26 hektar, Blangpidie 10 hektar serta Manggeng 7 hektar.

Dikatakan Hamdan, dengan luas tanaman padi yang terkena serangan hama, Kepala Dinas hampir tiap hari berkantor di lapangan meninjau dan memantau langsung perkembangan tanaman padi yang telah dilakukan penyemprotan.

"Pihak Dinas terus berupaya melakukan apa yang bisa, agar masyarakat tani terbantu dengan berbagai macam serangan hama yang datang tiba-tiba. Apalagi hama wereng coklat yang selama ini tidak pernah diketahui dari mana datangnya. Saya baru tahu sekarang ini," pungkas Hamdan.[ADI S]

Baca Juga