Vanaprastha dan Pramuka Siap Kibarkan Merah Putih di Kinabalu Malaysia

JAKARTA - Organisasi pecinta alam dan lingkungan yang tergabung dalam Vanaprastha dan Pramuka siap mengibarkan bendera Merah Putih di  gunung yang memiliki ketinggian 4.095,2 meter diatas permukaan laut (mdpl), Kinabalu Malaysia. Hari ini, tim ekspedisi yang beranggotakan 22 orang bertolak ke Malaysia untuk melaksanakan misi tersebut. 

“Mohon doanya, besok (hari ini, red) kami akan mendaki Gunung Kinabalu, Sabah, Malaysia. Dipimpin oleh Pak Anton (Menteri Pertanian RI 2004-2009). Terima kasih atas doanya,” kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang juga Ketua Dewan Pembina Vanaprastha, Adhyaksa Dault dalam akun istagramnya (@adhyaksadault), Sabtu (01/07/2017) kemarin.

Ketika dikonfirmasi, Adhyaksa menjelaskan bahwa agenda tersebut merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun. Ekspedisi ini, jelas dia, bukan sekadar mendaki gunung, melainkan juga promosi Indonesia. 


“Kita juga promosi Indonesia pada puncak-puncak dunia,” imbuh pria yang sudah mendaki puluhan gunung ini. Menpora periode 2004-2009 ini menambahkan, tidak sembarang orang atau anggota yang bisa ikut ekspedisi. Mereka harus mengikuti tes mental, fisik, kesehatan, dan pengetahuan.

Anton Apriyantono Sumadri, Menteri Pertanian RI periode 2004-2009 menegaskan, ekspedisi ini bagian dari promosi Indonesia di mata dunia. Dengan cara ini diharapkan nama Indonesia lebih dikenal, kemampuan pendakinya juga dikenal, sehingga nantinya Indonesia diperhitungkan di dunia internasional. 


“Harapan kita, pertama, pariwisata Indonesia lebih dikenal, dari berbagai negara bisa datang ke sini. Kedua, kesadaran akan lingkungan juga akan semakin meningkat. Ketiga, semakin meningkatkan keimanan. Artinya, orang harusnya semakin sadar betapa kecilnya dia ketika berada di atas gunung, betapa agungnya Yang Maha Kuasa,” tambahnya.

Sementara itu, leader pendakian ke Kinabalu, Subhan Maliki Tsani menjelaskan bahwa pendakian tersebut tidaklah mudah. Ia berharap semoga semua anggota tim ekspedisi bisa sampai puncak Kinabalu, Malaysia. 


“Harapan kita bisa sampai kembali lagi ke Jakarta dengan selamat. Dan semuanya bisa sampai puncak Kinabalu,” pungkasnya.[Rls]

Baca Juga