Yonif 115 Macan Leuser Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

ACEH SELATAN - 70 Prajurit Kipan E Yonif 115/ML dan 25 orang pemadam kebakaran berjibaku memadamkan kebakaran hutan di Desa Rambung, Kecamatan Setia, Kabupaten Abdya menggunakan 2 unit mobil Damkar, Kamis (27/07/2017) sekitar pukul 13.30 WIB.

Adapun kronologi kebakaran bermula ketika Keuchik Desa Rambung menghubungi Dankipan E Yonif 115/ML, Kapten Inf Ferizon untuk meminta bantuan upaya pemadam kebakaran yang terjadi di daerah latihan Kipan E Yonif 115/ML desa setempat.

Setelah mendapat permintaan bantuan tersebut, Dankipan E melaporkan Kepada Wadanyonif 115/ML Kapten Inf Eko Novandy S, kemudian Dankipan E dengan beberapa Prajurit Kipan E Yonif 115/ML untuk membantu dalam upaya pemadaman kebakaran yang terjadi.

"Kami akan membantu semaksimal mungkin dalam upaya pemadaman kebakaran yang terjadi di  hutan daerah latihan Kipan E Yonif 115/ML, sehingga kebakaran tidak meluas dan merugikan yang lainnya," jelas Dankipan E.

Dikatakannya, sampai saat ini masih belum diketahui persis penyebab kebakaran yang terjadi dan masih dalam penyelidikan. Diperkirakan kebakaran terjadi akibat suhu yang panas dan kemarau panjang.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terkait penyelidikan penyebab kebakaran yang terjadi," tambah Dankipan E lagi.

"Kami berusaha memadamkan api yang menjalar di hutan dengan bantuan 2 mobil pemadam kebakaran. Dari kebakaran tersebut diketahui bahwa ada beberapa titik api yang menyebabkan kebakaran sulit untuk dipadamkan," terang Dankipan E.

Sementara itu, Wadanyonif 115/ML Kapten Inf Eko Novandy S menegaskan untuk memberikan bantuan semaksimal mungkin dalam upaya mengatasi kebakaran tersebut.

"Segera lakukan kordinasi dengan aparat wilayah terkait bencana kebakaran yang terjadi, lakukan bantuan semaksimal mungkin dan utamakan faktor keamanan saat menjalankan tugas, sehingga tidak menimbulkan kerugian," terang Wadanyonif 115/ML.

Terkait hal ini, Danyonif 115/ML Letkol Inf Muhammad Ridha, S.S, IP, menekankan agar segera mengantisipasi kebakaran tersebut sehingga tidak terjadi kebakaran yang lebih meluas, dan mengadakan pengecekan secara berkala.

Akibat dari kebakaran tersebut diperkirakan sekitar 2 hektar lahan sudah terbakar. Pada pukul 15.30 WIB, api berhasil dipadamkan setelah kerjasama yang dilakukan oleh Prajurit Kipan E Yonif 115/ML dengan pihak pemadam kebakaran Kabupaten Abdya dan dibantu oleh masyarakat setempat.[Red]

Baca Juga