Yonif 115 Macan Leuser Persiapan Uji Kenaikan Pangkat

ACEH SELATAN - Sebanyak 139 Prajurit Yonif 115/ML mengikuti rangkaian kegiatan Kesegaran Jasmani (Garjas) dalam rangka Persiapan Uji Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1 Oktober tingkat Korem yang akan digelar bersamaan di Makorem 012/TU, Rabu (26/07/17) pagi.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 06.00 WIB tersebut dipantau langsung oleh Pjs. Perwira Seksi Personil (Pasipers) Yonif 115/ML Lettu Inf Priya Utama dengan 15 penyelenggara yang terdiri dari 10 anggota Jasmani dan 5 Anggota Kesehatan Yonif 115/ML.

Seperti yang dijelaskan Lettu Inf Priya Utama ada beberapa materi yang harus diujikan untuk mengikuti rangkaian kegiatan UKP yaitu lari 3200 M dilanjutkan dengan kesegaran jasmani B antara lain pull up, push up, shit up dan shuttle run.

"Kemudian dilanjutkan dengan renang menggunakan pakaian PDL tanpa helm dan senjata. Para personel yang akan mengikuti uji kenaikan pangkat ini nilainya harus memenuhi sesuai dengan kriteria kategori masing-masing," terang Pasipers.

Kegiatan persiapan Uji Kenaikan Pangkat (UKP), lanjutnya, sering diadakan di Yonif 115/ML. Adapun tujuan dari persiapan ini agar para prajurit tidak terdadak dan mengetahui sampai dimana kemampuan perorangnya.

"Harapannya agar dapat meningkatkan intensitas latihan, sehingga dapat mencapai nilai sesuai dengan target," imbuh Pasipers lagi.

Sementara itu, salah satu Bintara Jasmani (Bajas), Sertu Erdianto mengatakan salah satu materi yang menjadi momok (menakutkan) bagi prajurit saat ini adalah lari 3200 M. Untuk itu kami mengadakan latihan lari rute pantai, yang diharapkan nantinya akan menambah kekuatan otot kaki.

"Bagi prajurit yang nilainya belum mencapai target seperti yang menjadi persyaratan, kami akan adakan latihan yang lebih. Diharapkan pada saat pengambilan nilai lagi sudah sesuai dengan yang ditargetkan," jelas Sertu Erdianto.[Red]

Baca Juga