Yuk Ikut Lomba Foto dan Karya Tulis HUT TNI ke-72!

ACEH SELATAN - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodam Iskandar Muda dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI tahun 2017, menyelenggarakan lomba foto dan karya tulis dengan tema "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT, HEBAT, PROFESIONAL SIAP MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BERDAULAT, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN".

Hal tersebut berdasarkan surat telegram Panglima TNI tentang menyelenggarakan lomba foto dan karya tulis artikel dalam rangka menyambut HUT TNI ke 72 tahun 2017.

Sehubungan dasar tersebut, Dandim 0107/Aceh Letkol Kav Hary Mulyanto mengajak dan memberi kesempatan berkarya kepada seluruh elemen masyarakat umum Kabupaten Aceh Selatan untuk mengikuti sayembara foto dan karya tulis.

"Bagi yang punya bakat di bidang fotografer dan menulis silahkan kirim karyanya. Pemenang akan diumumkan melalui website TNI kemudian mendapatkan hadiah berupa uang," jelas Dandim.

Dandim melalui Penerangan Kodim 0107/Aceh Selatan mengumumkan ketentuan lomba yang harus dilaksanakan oleh peserta.

Untuk waktu pelaksanaan seleksi lomba foto tingkat daerah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2017 dan di tingkat pusat (Puspen TNI) tanggal 21 Agustus 2017. Pengiriman foto paling lambat diterima Pendam IM pada tanggal 10 Agustus 2017 dan 10 foto terbaik akan dikirimkan ke tingkat pusat guna mendapat seleksi lagi.

Sedangkan Waktu pelaksanaan seleksi lomba karya tulis di tingkat daerah adalah pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2017 dan tingkat pusat (puspen TNI) tanggal 14 Agustus 2017. Karya tulis peserta diterima Pendam IM paling lambat tanggal 04 Agustus 2017 dan 6 hasil karya tulis terbaik dikirimkan untuk seleksi tingkat pusat.

Pemenang akan diumumkan melalui Website www.tni.mil.id pada tanggal 31 Agustus 2017 dengan hadiah sebagai berikut ; Untuk lomba foto, juara I Rp 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah), juara II Rp 12.000.000,- (Dua Belas Juta Rupiah), juara III Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah).

Lomba karya tulis, juara I Rp. 15.000,000,- (Lima Belas Juta Rupiah), juara II Rp. 10.000.000,-(Sepuluh Juta Rupiah), juara III Rp. 7.500.000,- (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

Persyaratan lomba foto adalah pengambilan foto sesuai dengan tema, lokasi subjek foto berada di wilayah Aceh Selatan, Indonesia atau luar Indonesia yang merupakan aktifitas TNI, karya foto dapat disertakan dalam lomba ini pada 2016-2017 belum pernah menjuarai perlombaan, karya foto bukan hasil manipulasi atau edit digital.

Selanjutnya, penyuntingan minor dibolehkan sebatas penyesuaian pencahayaan untuk gelap atau terang tanpa mengubah keaslian obyek foto (montase), karya foto merupakan foto tunggal dengan ukuran sisi panjang minimal 3.500 pixel (sisi pendek menyesuaikan) dan dalam format JPG minimal skala 10 (high resolution), peserta adalah satu satunya pemilik sah atas hak kekayaan intelektual dari foto yang dikirim dan lain sebagainya.

Sedangkan syarat lomba karya tulis adalah bersifat karya individu dengan bahasa indonesia, belum pernah diikutkan dalam lomba karya tulis yang lain dan belum pernah dimuat di media lokal maupun nasional, dilengkapi identitas diri peserta yaitu nama, alamat, nomor telpon/HP, email dan identitas diri KTP/KTA/SIM.

Karya tulis yang diikutsertakan dalam lomba menjadi hak milik TNI, seluruh karya yang masuk panitia diseleksi oleh dewan juri, memilih karya terbaik dan karya tulis juga dikirim dalam bentuk hard copy rangkap 3 dan soft copy (CD).

Informasi pengiriman foto dapat langsung berkoordinasi dengan Mayor Arh Tarmizi nomor hp 085260275587 dan informasi pengiriman karya tulis yaitu Mayor Inf Ibnu Haban nomor hp 085263642339 dengan alamat email adalah sanggamaraim@gmail.com

Penyerahan hadiah pemenang lomba foto dan karya tulis pada upacara HUT TNI 5 Oktober 2017 di Cilegon Banten serta akomodasi berangkat dan kembali bagi para pemenang lomba ditanggung panitia daerah asal juara lomba.[Rls]

Baca Juga