5 Hari di Laut, Pramuka NTT Tiba di Jakarta

JAKARTA - Sebanyak 331 Pramuka dari Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil mendarat dengan selamat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (05/08/2017) malam pukul 22.00 WIB. Mereka menjadi kontingen pertama yang tiba di Jakarta untuk mengikuti Raimuna Nasional XI di Cibubur, Jakarta Timur.
 
Dedy Tames, Ketua Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka NTT mengatakan, kontingen Pramuka NTT diberangkatkan menggunakan kapal laut KM. UMSINI (Pelni). Untuk sampai ke Jakarta, mereka menempuh lima hari perjalanan laut.
 
"Kemarin malam kita sempat istirahat dulu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Paginya kita lanjut berlayar dan alhamdulillah malam ini tiba di Jakarta," ujar Dedy di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
 
Meski menempuh perjalanan panjang menyisiri laut Indonesia, Dedy mengatakan semua peserta tetap semangat dalam satu keakraban menuju Raimuna Nasional (Rainas). Bahkan untuk mengisi waktu luang, peserta aktif melakukan latihan seperti memainkan alat musik tradisional NTT, menyanyikan yel-yel dan memainkan tarian daerah.
 
"Kita enjoy menikmati perjalanan ini, karena selama di dalam kapal kita aktif melakukan latihan agar bisa mengikuti Rainas dengan maksimal. Dan saya lihat anak-anak gembira," katanya.
 
Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault bersyukur karena kontingen Raimuna Nasional dari NTT tiba di Jakarta dengan selamat. Setelah NTT, akan segera tiba kontingen dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.
 
"Alhamdulillah, Pramuka NTT sudah sampai di Jakarta dengan selamat. Semangat mereka luar biasa, apalagi berhari-hari di kapal itu juga punya resiko," kata pria berkumis ini.
 
"Raimuna Nasional adalah pertemuan generasi milenial terlengkap di Indonesia. 15.000 Pramuka dari 34 provinsi dan 514 Kabupaten/ Kota hadir. Jadi, kegiatan ini benar-benar merekatkan NKRI. Inilah kawah candradhimukanya generasi muda," tutup Adhyaksa.
 
Diketahui, anggota Gerakan Pramuka Kwarda NTT secara keseluruhan yang berangkat dengan naik kapal berjumlah 331, termasuk unsur pendamping. Sementara peserta didiknya berjumlah 253 orang. 
 
Raimuna Nasional akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 13-21 Agustus 2017. Presiden Joko Widodo akan hadir dan membuka pelaksanaan perkemahan besar tersebut pada 14 Agustus 2017.[Rls]

Baca Juga