56 Qari dan Qariah Aceh Besar Ikuti Pemusatan Latihan

ACEH BESAR - Sebanyak 56 Qari dan Qariah Aceh Besar mengikuti pemusatan latihan (TC Penuh) yang dipusatkan di Hotel Permata Hati, Kecamatan Ingin Jaya sejak Sabtu (05/08/2017). Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali dan juga turut hadir Wabup Tgk. H. Husaini A Wahab, Sekdakab Drs. Iskandar, M.Si, staf ahli, kepala SKPK, serta para qari dan qariah.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Besar mengharapkan agar para qari dan qariah mempersiapkan diri secara baik dan bersungguh-sungguh. Mengingat MTQ ke-33 tingkat Provinsi Aceh akan segera berlangsung di Kabupaten Aceh Timur.

Menurutnya, Aceh Besar memiliki potensi yang sangat baik dan siap bersaing di tingkat Provinsi Aceh. Pengalaman telah membuktikan, dari tahun ke tahun prestasi MTQ Aceh Besar semakin meningkat. Antara lain, pada MTQ ke-31 tingkat Aceh tahun 2013 di Kota Subulussalam, Aceh Besar meraih juara umum. Sedangkan tahun 2015, pada MTQ ke-32 di Nagan Raya, Aceh Besar berada di posisi ketiga.

“Ini merupakan prestasi yang menggembirakan dan juga menjadi tantangan untuk menjadi lebih baik ke depan yaitu pada MTQ tingkat Provinsi Aceh ke-33 tahun 2017 di Aceh Timur,” harap Bupati Mawardi.

Diyakininya, semua qari dan qariah Aceh Besar saat ini punya hasrat yang tinggi untuk menggali dan mendalami ilmu-ilmu Al Qur'an, sehingga akan menjadi pribadi-pribadi yang qur'ani dan dapat tampil maksimal pada kegiatan MTQ tersebut.

Pemkab Aceh Besar, katanya, mengharapkan kepada seluruh peserta TC untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi guna meraih yang terbaik. Untuk itu, diminta agar mengikuti TC secara sungguh-sungguh dan selalu diberi kekuatan serta kesehatan dalam mempelajari serta memahami kandungan Al Qur'an.

Sementara itu, Plt Kadis Syariat Islam Aceh Besar, Ramzi, S.Ag, menjelaskan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Aceh tahun 2017 dijadwalkan berlangsung di Kabupaten Aceh Timur pada 16-22 September 2017. Dalam kegiatan keagamaan tersebut, Aceh Besar akan mengikuti sejumlah cabang seperti Tilawah Qur'an, Hifzh Al Qur'an, Tafsir Al Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarh Qur'an, Khath Al Qur'an, dan Musabaqah Makalah Al Qur'an (MMQ).

Dijelaskannya, pada Oktober 2016 lalu, Aceh Besar telah melaksanakan MTQ tingkat Kabupaten ke-33 di Kecamatan Peukan Bada dan telah menghasilkan qari dan qariah terbaik I, II, dan III yang merupakan putra-putri terbaik Aceh Besar.

"Selanjutnya, bulan April 2017, para qariah dan qariah terbaik I, II, dan III serta potensial telah diseleksi. Sehingga saat ini terpilih 56 peserta yang tergabung dalam 7 cabang dan 29 golongan yang disiapkan untuk mengharumkan nama Aceh Besar pada MTQ ke-33 tingkat Provinsi Aceh di Aceh Timur," demikian jelasnya.[DW]

Baca Juga