692 Atlet Mahasiswa Bersaing di Selekda Aceh

BANDA ACEH - Sebanyak 692 atlet mahasiswa utusan dari 24 perguruan tinggi negeri dan swasta se Provinsi Aceh bersaing dalam seleksi daerah (Selekda) yang digelar di komplek pelajar dan mahasiswa (Kopelma) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) selama lima hari.

Dalam seleksi yang dimulai dari tanggal 22 hingga 26 Agustus 2017, ratusan atlet tersebut berlaga di 14 cabang olahraga. Selekda diadakan sebagai persiapan menghadapi pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomnas) XV yang akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, Oktober mendatang.

Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Provinsi Aceh, bertekad dari rekrutmen atlet melalui Selekda dapat meningkatkan perolehan medali dan perbaikan peringkat di Pomnas Makassar.

Hal tersebut disampaikan Pengurus Bapomi Aceh, Drs. Nuzuli MS kepada LintasAtjeh.com, Selasa (22/08/2017), usai membuka Selekda di Gelangang Mahasiswa, Unsyiah, Darussalam, Aceh Besar.

Nuzuli mengatakan Selekda ini digelar guna memilih atlet potensial yang mungkin dibawa dan berprestasi di Pomnas. Selekda diadakan Bapomi Aceh sebagai upaya meningkatkan prestasi di tingkat nasional, sebagaimana hasil Pomnas lalu di Aceh XIV/2015.

"Kita ingin yang terbaik. Ada perubahan dan peningkatan perolehan medali serta perbaikan ranking pada Pomnas di Makassar," ujar Nuzuli.

"Guna meningkatkan perolehan medali dan peringkat di Pomnas nanti sudah ada beberapa cabang andalan, diantaranya dari cabang beladiri, cabang yang baru dan permainan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Selekda, Drs. M. Nasir Ibrahim menjelaskan bahwa 14 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Selekda ini diantaranya, atletik, basket, voli, bulutangkis, catur, futsal, karate, kempo, pencak silat, ptanque, renang, sepak takraw, tarung derajat, dan tennis lapangan.

Sambung M. Nasir, Selekda ini diikuti 692 atlet utusan dari 24 perguruan tinggi negeri dan swasta yaitu Universitas Syiah Kuala, Al-Muslim Bireuen, ISBI Aceh, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Aceh Selatan, Poltekes Kemenkes Aceh, Poltekes Langsa, Stiapen Nagan Raya, STIK Pante Kulu, Stikes Muhammadiyah, STIMI Meulaboh, STKIP Getsempena, STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah.

Selanjutnya UIN Ar-Raniry,  Universitas Abulyatama, Universitas Gajah Putih, Universitas Malikussaleh, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Samudra, Universitas Serambi Mekkah, Universitas Ubudiyah Indonesia, IAI Al-Azizah, IAIN Lhokseumawe dan Universitas Teuku Umar.[DW]

Baca Juga