Ada Keunikan di Puskesmas Peulumat Aceh Selatan

ACEH SELATAN - Puskesmas Peulumat, Kecamatan Labuhanhaji, adalah salah satu puskesmas yang mempunyai keunikan tersendiri dari berbagai puskesmas yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. Pada tahun 2016 yang lalu, Puskesmas Pelumat Labuhanhaji menjadi Puskesmas teladan di Aceh Selatan dalam momen memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Uniknya, Puskesmas Pelumat mempunyai satpam yang bertugas menjaga keamanan dan petunjuk bagi masyarakat yang datang untuk pengobatan. Keterlibatan satpam  tersebut membawa Puskesmas Pelumat menjadi salah satu puskesmas teladan.

Adanya satpam yang bertugas disana merupakan kebijakan dan hasil innovasi dan kreatifitas seorang kepala puskesmas setempat. Sang satpam bertugas merapikan dan menjaga kendaraan pasien dan staf.
Pengunjung setiap pagi mendapatkan senyuman dari satpam dengan penuh keramahan dan kenyamanan yang diberikan dengan ikhlas serta bisa membuat pengunjung nyaman ketika berada dalam puskesmas tersebut.

Dibawah tangan dingin Kepala Puskesmas, Juwanda, SKM, banyak hal yang terus dibenahi termasuk menajemen dan mutu pelayanan yang terus ditingkatkan.

Menurut Juwanda, dia berkomitemen mewujudkan puskesmas yang nyaman bagi seluruh staf dan pasien. Menerapkan sistem keuangan yang transparan dan akuntable.

Di lingkungan puskesmas juga terdapat sebuah kantin yang tertata apik dan bersih, sehingga sangat nyaman bagi pengunjungnya. Tak hanya itu sebuah kolam dan taman juga terdapat di puskesmas tersebut menambah asri dan sejuknya bangunan pelayanan kesehatan itu.
Kepada para pelayanan kesehatan, Juwanda terus berpesan agar memberikan pelayanan terbaik, senyum yang ramah dan sentuhan yang lembut. Karena itu akan sangat membantu memberi sugesti kepada para pasien yang datang menjemput kesembuhan.

Puskesmas yang terletak sekitar 45 kilometer dari pusat kabupaten itu melayani 12 desa dalam kecamatan Labuhanhaji Timur. Dengan memiliki 7 ruang rawat inap, puskesmas itu mampu menampung hingga 21 pasien.
Kedepan, Juwanda menargetkan sejumlah perbenahan seperti, parkir, perluasan area puskesmas, penambahan ambulance dan menyiapkan tenaga kesehatan yang handal dan memadai sehingga masyarakat dapat kenyamanan dalam berjunjung di puskesmas itu.

Juwanda berharap puskesmas ini menjadi pedoman kepada yang lain agar setiap puskesmas ada seorang satpam dengan tujuan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.[FA]

Baca Juga