Ajang SEA Games 2017, Timnas U-22 Indonesia Kalahkan Filipina

AFP
SHAH ALAM - Timnas U-22 Indonesia meraih kemenangan di partai kedua cabor sepakbola SEA Games 2017. Menghadapi Filipina, Garuda Muda menang 3-0.

Pada laga Grup B yang dihelat di Shah Alam Stadium, Kamis (17/08/2017) malam WIB, Indonesia mencetak gol-golnya melalui Septian David Maulana dan Muhammad Hargianto di babak pertama. Gol tambahan dicetak Saddil Ramdani di babak kedua.

Tiga poin membuat anak asuh Luis Milla menempati posisi kedua dengan empat poin, selisih dua poin dari Vietnam di urutan pertama. Filipina ke posisi ketiga dengan tiga poin. Pada laga ketiga, Indonesia akan menghadapi Timor Leste, Minggu (20/08/2017) sore WIB.

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung menekan sejak menit awal pertandingan dan mendapat hasilnya di menit ketujuh ketika Septian David Maulana mencatatkan namanya di papan skor.

Dari sisi kanan, crossing I Putu Gede menemui Septian David dan dia bisa menyontek bola meski dikawal pemain lawan. Bola mengarah ke tiang jauh tanpa bisa dihalau kiper Filipina.

Setelah gol cepat itu, Indonesia bermain lebih agresif lagi untuk mencari gol tambahan lagi. Serangan dari sisi sayap masih jadi andalan Indonesia untuk mencari gol tapi ketidaktenangan para pemainnya dalam mengeksekusi peluang membuat gol urung terjadi.

Ezra Walian yang dipasang sebagai striker tunggal kesulitan menciptakan peluang mengingat suplai bola yang kurang dari lini tengah plus penjagaan ketat dari dua bek tengah.

Sementara, Filipina yang lebih banyak bertahan mampu mengancam sesekali lewat serangan balik. Jeremiah Borlongan dan Javier Augustine Gayoso jadi andalan Filipina untuk bikin gol.

Salah satunya di menit ke-38 namun tandukan Joshua Jake Crommen masih melenceng dari sasaran.

Indonesia akhirnya mampu menambah gol lagi sebelum turun minum, tepatnya di menit pertama tambahan waktu. Mendapat umpan terobosan dari Saddil Ramdani, Muhammad Hargianto yang ada di kotak penalti dengan cepat mencocor bola melewati hadangan kiper Filipina Ray Joseph.

Skor 2-0 menutup babak pertama.

Empat menit selepas babak kedua dimulai, Indonesia sebenarnya punya kans menambah gol. Mendapat umpan dari Ezra, Yabes Roni dalam posisi bagus untuk menembak sayang bola tembakannya terlalu tepat ke tangkapan kiper.

Indonesia menambah gol pada menit ke-59 lewat sepakan keras Saddil Ramdani dari luar kotak penalti. Diawali bola panjang ke pertahanan Filipina, Ezra mampu mengejarnya dan menunggu rekannya datang.

Bola dioper kepada Saddil yang mengecoh satu pemain sebelum melepaskan sepakan keras ke pojok kiri atas gawang Filipina.

Untuk menyegarkan lini serang, Luis Milla selaku pelatih memasukkan Osvaldo Haay menggantikan Septian David. Masuknya Haay langsung terbukti menajamkan lini serang Indonesia.

Tak lama setelah masuk, Haay mendapat peluang mencetak gol setelah berhasil melewati kiper Filipina dan berhadapan dengan gawang kosong. Sayang Haay gagal belum "panas" sehingga dia tidak bisa memaksimalkan peluangnya jadi gol.

Di menit ke-81 Ezra mampu mencuri bola dari penguasaan pemain Filipina dan menggiring ke kotak penalti. Dia sempat menyepak si kulit bundar tapi mampu dihalau oleh pemain lawan dan berujung sepak pojok.

Hingga pertandingan berakhir skor 3-0 tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia.

Susunan Pemain

Indonesia: Ajie, Hansamu, Ricky, Putu, Hehanusa, Evan, Hargianto (Hanif 65'), Saddil (Asnawi 83'), Yabes, Septian (Osvaldo Haay 72'), Ezra

Filipina: Ray, Jarvis, Daniel (Corsame 63'), Yoshiharu (De Bruycker 52'), Junel, Julian, Joshua, Kou Ichi (Balabat 83'), Lapas, Borlongan, Gayoso
[Detik Bola]

Baca Juga