ASMARA Dukung Pembentukan Kabupaten Pase Raya

ACEH UTARA - Deklarator  ASMARA (Aliansi Masyarakat Aceh Utara) sangat mendukung Daerah Otonomi Baru (DOB) pemekaran Kabupaten Pase Raya, dari Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Aceh Timur.

Hal tersebut disampaikan Hendra Saputra, Deklarator ASMARA saat ngopi bareng bersama Ketua Panitia Persiapan Kabupaten Pase Raya, Hendra Nurdi dan Ketua Lembaga Acheh Future, Razali Yusuf disalah satu coffee yang berada di perbatasan Kabupaten Aceh Utara-Aceh Timur, Minggu sore (06/08/2017).

"Demi pemerataan pembangunannya, kami sangat mendukung pemekaran tersebut," katanya.

Hendra juga mengatakan bahwa dirinya siap membantu Tim Panitia untuk menyukseskan terkabulnya kabupaten baru yang diidam-idamkan oleh masyarakat di ujung timur Aceh Utara itu.

Sementara itu, Razali Yusuf, Ketua Lembaga Acheh Future menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua tokoh-tokoh yang telah mendukung dan memberikan gagasan untuk pemekaran dan pembentukan Kabupaten Pase Raya.

"Kami ucapkan terimakasih kepada tokoh-tokoh kecamatan, kabupaten dan di provinsi yang telah memberikan gagasan serta dukungan atas pemekaran Kabupaten Pase Raya," ujarnya.

Razali menjelaskan rinciannya pemekaran tersebut. Direncanakan ada delapan kecamatan yang akan masuk dalam peta wilayah Kabupaten Pase Raya yakni lima kecamatan di Aceh Utara dan tiga kecamatan di Aceh Timur. Diantaranya, Kecamatan Baktiya Barat, Kecamatan Baktiya, Kecamatan Seunuddon, Kecamatan Tanah Jambo Aye dan Kecamatan Langkahan yang saat ini berada di wilayah Kabupaten Aceh Utara, dari 27 kecamatan yang memiliki 857 gampong.

"Untuk 3 kecamatan di wilayah Aceh Timur yaitu Kecamatan Simpang Ulim, Kecamatan Pante Bidari dan Kecamatan Madat," jelasnya.

"Hemat kami, pemekaran Kabupaten Pase Raya sangat wajar dan layak, karena di Kabupaten Aceh Timur ada 24 kecamatan dan 515 gampong. Maka sangat sulit untuk pemerataan pembangunan dengan anggaran yang terbatas," imbuhnya.

"Bila saya yang menjadi bupati mengucapkan terimakasih pada panitia dan akan saya bantu memproses pemekaran kabupaten tersebut," kata Razali Yusuf yang akrab disapa Cek Li sembari tersenyum.

Hendra Nurdin yang merupakan Ketua Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Pase Raya mengatakan bahwa saat ini sedang menyiapkan perlengkapan administrasi (ADM) yang perlengkapan proposalnya. Karena saudara kita di Jakarta sedang menunggu kedatangan kita untuk mengantar berkas usulan Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Saat ini sudah 90% pelengkapannya yang kita kantongi. Insya Allah dalam waktu dekat semuanya sudah selesai," papar Hendra Nurdin.[Red]

Baca Juga