Dimediasi TP4D, Dana Desa Blang Manggeng Dicairkan

ABDYA - Konflik internal yang terjadi di Desa Blang Manggeng, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berdampak pada proses pencairan anggaran dana desa tahun 2017, akibatnya sejumlah pogram pembangunan tidak bisa dikerjakan tepat waktu.

"Setelah kita mediasi konflik yang terjadi di desa antara kades lama dan kades baru, barulah LPJ tahun 2016 diserahkan berikut laporan pogram kegiatan tahun 2017 kepada dinas terkait. Sehingga anggaran dana desa tahun ini bisa dicairkan," sebut Ketua TP4D Abdya, Dasril A Yusdar, SH, M.Hum, kepada LintasAtjeh.com, Kamis (24/08/2017), di Blangpidie.

Lanjut Dasril, keberhasilan Tim Pengawas Pengamanan Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) dalam menyelesaikan konflik desa tersebut sangat berpengaruh pada pembangunan desa serta serapan anggaran yang diperuntukkan untuk daerah itu sendiri.

"Tahun ini saja, Anggaran Dana Desa Blang Manggeng mencapai Rp.1 Miliyar lebih,dan itu belum digunakan sama sekali disebabkan konflik internal. Ini berkat kerja cepat TP4D, sehingga semua terselesaikan dan anggarannya sudah bisa dicairkan," ujarnya.

Dengan adanya Tim TP4D diharapkan semua kepala desa bisa melakukan koordinasi menyangkut hal-hal penting terkait tata cara menggunakan anggaran desa yang tepat sasaran dengan tidak melangkahi undang-undang dan aturan yang berlaku.

"Semua itu kita lakukan dengan satu tujuan, serapan semua anggaran bisa tuntas digunakan tanpa masalah. Kita siap membantu demi kemajuan desa," demikian sebut Kasie Intel Kejari Abdya Dasril.[ADI S]

Baca Juga