Gerhana Bulan 8 Agustus 2017, IAIN Lhokseumawe Siap Lakukan Pengamatan 

DALAM kajian ilmu falak, gerhana bulan dikenal ada tiga macam. Pertama, gerhana bulan penumbra, kedua, gerhana bulan total dan ketiga, gerhana bulan parsial. Gerhana parsial inilah yang akan terjadi pada selasa dini hari 8 Agustus 2017 mulai pukul 00.22-02.18 WIB. 

Gerhana bulan parsial terjadi disaat permukaan bulan hanya memasuki sebagian bayang inti bumi, sehingga saat puncak gerhana terjadi, sebagian permukaan bulan akan terlihat hitam kemerah-merahan akibat bayang bumi yang terkenak di permukaan bulan. 

Gerhana bulan parsial bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa harus ada alat bantu seperti teleskop. Untuk wilayah Indonesia bagian barat (WIB), gerhana mulai terlihat pukul 00.22 WIB, saat piringan bulan mulai bersentuhan dengan bayang umbra bumi. 

Puncak gerhana terjadi pada pukul 01.21 WIB, dimana piringan bulan sudah memasuki puncak tertinggi dalam bayangan umbra bumi. Gerhana bulan parsial kali ini diperkirakan akan mencapai puncak gerhana saat intensitas cahaya bulan 25 % terhalang oleh bayang umbra bumi. 

Secara kasat mata, saat puncak gerhana terjadi, piringan bulan purnama ini akan terlihat 25 % bagian piringan bawah berwarna hitam akibat ditutupi bayangan bumi. Akhir gerhana terjadi pada pukul 02.18 WIB, dimana piringan bulan terlepas dari bayangan umbra bumi. Di Indonesia, gerhana bulan parsial ini yang berlangsung selama 1 jam 56 menit akan dapat dilihat dari Sabang sampai Merauke dengan waktu terlihat sesuai dengan waktu daerah masing-masing.

Mengingat untuk wilayah Aceh di tahun 2017, ini satu-satunya gerhana yang dapat disaksikan oleh masyarakat, maka mari kita siapkan diri kita untuk menyambut peristiwa alamiah sebagai ayat kauniah tanda kekuasaan Allah SWT dengan mempersiapkan diri untuk melaksanakan salat sunat gerhana secara berjamaah. 

Untuk wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, bagi yang ingin menyaksikan gerhana bulan ini dengan teleskop dan salat gerhana berjamaah, kami dari Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe akan melakukan pengamatan dan pelaksanaan salat gerhana secara berjamaah di Gedung Makhad Jamiah Alue Awe Kampus IAIN Lhokseumawe. 

Acara salat gerhana dan khutbah salat gerhana akan dimulai pukul 01.00 WIB, sampai dengan selesai, bagi yang ingit mengikuti salat gerhana bersama kami, diharapkan harus hadir sebelum pukul tersebut.

Penulis: Tgk. Ismail, S.Sy., MA (Kepala Pusat Studi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe)

Baca Juga