IKAMANDA Gelar Pelatihan Tajhiz Mayat di MAN 1 Pidie Jaya


PIDIE JAYA – Ikatan Alumni Man Dua Sigli (IKAMANDA) mengadakan pelatihan tajhiz mayat untuk memberikan pemahaman baik secara teori maupun praktis kepada siswa dan siswi Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Pidie Jaya di Opprom Kantor Bupati Lama Kota Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, Sabtu (19/8/2017).

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala MAN 1 Pidie Jaya, Drs. Abdussamad,  dalam sambutannya mengatakan, pelatihan tajhiz mayat, diharapkan semua peserta dapat mengikutinya dengan tekun agar apa yang diperoleh dapat dipahami dan diterapkan dalam prakteknya di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap kegiatan pelatihan ini nantinya dapat diterapkan dan dipraktekan di tengah masyarakat, kepada peserta agar sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini, karena selain menambah pengetahuan pelatihan ini juga merupakan kewajiban seorang muslim,” pintanya.

Firdaus Saputra, Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa pelatihan Tajhiz Jenazah atau yang biasa dikenal dengan pelatihan “Fardlu Kifayah” diikuti oleh seluruh siswa dan siswi baik kelas satu maupun kelas tiga. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, bahkan ketika pelaksanan praktek diantara mereka ada yang jadi sebagai contoh jenazah untuk dikafani.

Sementara itu, Ketua IKAMANDA Muhammad Ghafar mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan serangkain dalam agenda reuni 24 tahun IKAMANDA, pada tanggal 3 september atau lebaran ke 3 Idul Adha, yang bertempat di MAN Satu Meureudu.

“Sedangkan Diskusi, Santunan dan pengukuhan pengurus IKAMANDA, itu kita laksanakan di acara Reuni IKAMANDA 24 Tahun,” ujarnya.[Rls]

Baca Juga