Jelang Idul Adha, Harga Sejumlah Bahan Pokok Masih Stabil di Abdya

ABDYA - Sepekan menjelang lebaran Idul Adha 1438 H, harga bahan pokok dapur pada sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih tetap stabil.

"Untuk bahan pokok dapur masih tetap seperti biasa harganya, cuma buah tomat saja yang terjadi kenaikan sekitar 3-4 ribu rupiah per kilonya dari harga sebelumnya Rp 8 ribu/kg," kata Yasni salah seorang pedagang di Pasar Kota Blangpidie kepada LintasAtjeh.com,  Selasa (22/08/2017), di Blangpidie.

Menurut Yasni, stabilnya harga sejumlah bahan pokok dapur disebabkan oleh pasokan barang yang cukup, baik dari Sumatera Utara (Medan), dari daratan tanah Gayo (Aceh).

"Tidak hanya dua daerah tersebut saja yang memasok bahan pokok dapur, tetapi dari Abdya sendiri juga ada. Walaupun tidak banyak namun bisa untuk melengkapi kekurangan," sebut Yasni.

Lanjutnya, masih stabilnya harga sejumlah bahan pokok dapur seperti cabe merah, cabe kecil, bawang, tomat dan kemiri. Diharapkan mampu bertahan hingga lebaran Qurban tiba.

"Harga stabil, sudah barang pasti pembelinya banyak," ujar Yasni singkat.

Ditempat terpisah, ditemui LintasAtjeh.com, Fahmi pedagang di pasar tradisional Blangpidie menyebutkan harga bahan pokok dapur memang masih pada harga stabil. Namun terjadi kenaikan pada harga telur, minyak makan curah dan tepung terigu.

"Harga telur naik sekitar 4-5 ribu/papannya dari harga sebelumnya Rp.32 ribu/papan kini dijual Rp.37 ribu. Sedangkan harga minyak makan curah naik sekitar Rp.2 ribu/kg dari sebelum Rp 10/kgnya, begitu juga dengan tepung terigu terjadi kenaikan sekitar 12-13 ribu per karungnya," demikian kata Fahmi.[ADI S].

Baca Juga