-->








Kajari Aceh Selatan Resmikan Kantin Kejujuran SMPN 1 Tapaktuan

12 Agustus, 2017, 00.02 WIB Last Updated 2017-08-11T17:02:36Z
ACEH SELATAN - Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Selatan Munif, SH, MH, didampingi Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tapaktuan Kusmaniar, S.Pd, meresmikan pembukaan Kantin Kejujuran SMP Negeri 1 Tapaktuan, Jumat (11/08/2017).

Kajari Aceh Selatan dalam sambutannya mengatakan pembukaan kantin kejujuran merupakan implementasi dari pemberantasan tindak pidana korupsi sejak dini. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut Program Jaksa Masuk Sekolah dalam rangka penyuluhan dan penerangan hukum program pembinaan masyarakat taat hukum (BINMATKUM) kepada masyarakat melalui gerakan langsung anti korupsi sejak dini (Galaksi) dan kantin kejujuran.

"Guna mewujudkan masyarakat yang mempunyai kesadaran dan budaya hukum, serta dalam rangka menghadapi tuntutan masyarakat untuk memberantas KKN khususnya tindak pidana korupsi. Maka dengan dibentuknya kantin kejujuran diharapkan menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien dalam mendidik masyarakat untuk taat hukum dengan melibatkan masyarakat itu sendiri. Terutama dengan dimulai dari anak pra sekolah sampai perguruan tinggi dan komponen masyarakat lainnya. Muaranya masyarakat menyadari akan hak dan kewajibannya," terangnya.

Dijelaskannya juga, adanya kesadaran akan hak dan kewajiban tersebut, maka masyarakat dengan sendirinya terbentuk kepribadian atau tidak memiliki niat untuk mengambil hak orang lain yang bukan haknya. Dengan kantin kejujuran akan banyak sekali manfaat yang dapat dipetik, terutama dalam menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa memiliki, rasa tanggung jawab kepada diri sendiri, orang lain, kepada masyarakat maupun kepada Allah SWT. 
"Karena dalam kantin kejujuran seorang pembeli harus melayani diri sendiri baik dalam memilih barang yang hendak dibeli, menghitung sendiri jumlah pembelian, memasukan sendiri uangnya dalam tempat penyimpanan uang yang telah disediakan, mengambil sendiri uang pengembalian, dan menulis sendiri dalam buku jurnal. Hal tersebut memerlukan jiwa dan sikap jujur pada orang yang bersangkutan," tegas Kajari Aceh Selatan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tapaktuan Kusmaniar, S.Pd, mengucapkan terimakasih serta menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kajari Aceh Selatan yang telah menjadi inisiator dibuatnya kantin kejujuran di SMP Negeri 1 Tapaktuan.

"Kantin Kejujuran SMP Negeri 1 Tapaktuan merupakan kantin kejujuran yang pertama sehingga diharapkan dapat menjadi pilot project terhadap sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Aceh Selatan," ungkapnya. 

Dikatakannya, pembentukan kantin kejujuran sejalan dengan program peningkatan kualitas pendidikan secara nasional. Dimana peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya terkait masalah peningkatan dalam bidang ilmu pengetahuan akan tetapi juga dalam peningkatan akhlak siswa didik.

"Dengan diresmikannya kantin kejujuran diharapkan dapat memupuk sifat-sifat jujur dalam diri siswa siswi sejak usia dini, sehingga dapat membentuk kepribadian siswa secara sempurna sebagaimana dituangkan dalam motto yang ditanamkan dalam kantin kejujuran SMP Negeri 1 Tapaktuan, yaitu : Allah melihat, malaikat mencatat," pungkas Kusmaniar, S.Pd.[FA]
Komentar

Tampilkan

Terkini