Kasdim Aceh Selatan "Peusijuk" Cetak Sawah Baru

ACEH SELATAN - Upaya untuk memperluas lahan pertanian menjadi sangat penting dengan memanfaatkan dan mengelola sumberdaya lahan dan air yang ada. Ada sekitar 613,2 hektar lahan yang disiapkan Kodim 0107/Aceh Selatan untuk cetak sawah baru di seluruh Kabupaten Aceh Selatan meliputi 8 kecamatan terdiri dari Kecamatan Trumon, Bakongan Timur, Kecamatan Kota Bahagia, Kecamatan Bakongan, Kluet Selatan, Kluet Utara, Kluet Timur dan Labuhanhaji Barat.

Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto yang diwakili Kasdim Mayor Inf Ferdinan menepung tawari "peusijuk" alat berat Buldozer untuk percetakan sawah baru di Dusun Kubang Gajah, Gampong Indra Damai, Kecamatan Kluet Selatan, Kamis (24/08/2017).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Kluet Selatan Saiful Hilmi, SH, Batuud Koramil 07/Kluet Selatan Pelda Erfin Sormin, Kepala BPP Kluet Selatan Khairul Fatah, Mantri Tani Hendri Kusmadi, Kabid Pengolahan Tanah Distan Aceh Selatan Nyak Lah, SE, Penyuluh Pertanian Desa Indra Damai Tejo, Keuchik Indra Damai Samsuar, Ketua Gapoktan Abdul Razak, Mahasiswa PKL dari Unsyiah, Imum Chik Tgk. Sidun, Tgk. Nasruddin, Tgk. Hasanuddin dan Operator Buldozer Poniman serta sejumlah 30 orang masyarakat Gampong Indra Damai.

Selain menepung tawari alat berat,  Kasdim juga menepung tawari 217 hektar lahan yang rencana akan digarap. 

Batuud Koramil 07 Kluet Selatan Pelda Erfin Sormin dalam arahannya berharap agar program ini sama-sama didukung karena ini program pemerintah yang bersumber dari APBN.


"Mari sama-sama kita dukung, karena program ini memang diperuntukkan untuk masyarakat. Saya harap jangan ada timbul pertanyaan nantinya karena ini program pemerintah yang diambil dari APBN," harap Batuud.

Selain itu tambahnya, dalam melaksanakan program ini, kami cuma mengarahkan masyarakat dan bekerjasama sehingga nantinya setelah selesai akan kita kembalikan ke Pemerintah Daerah (Pemda).

"Nanti setelah ini, kami serahkan ke Pemda dan merekalah yang akan menyerahkan balik ke masyarakat setelah di kapling. Insya Allah bapak bupati dalam waktu dekat juga akan turun ke lokasi untuk kenduri sawah," tutupnya mengakhiri kata sambutan.

Sementara Keuchik Indra Damai Samsuar dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa dengan acara seperti ini, semoga apa yang direncanakan dapat terwujud.

"Dalam doa dan peusijuk kita meminta kepada Allah SWT agar senantiasa apa yang kita rencanakan dapat terwujud tanpa marabahaya," ucapnya yang diaminkan oleh seluruh yang berhadir.

Ia menambahkan, dalam pekerjaan ini kami berharap agar seluruh masyarakat yang saya pimpin untuk menjaga dan mendukung apa yang sudah diberikan oleh pemerintah.

"Nantinya kalau ada yang coba menggangu program kita ini maka akan berhadapan langsung dengan perangkat adat dan hukum Gampong Indra Damai. Karena apa yang dilakukan TNI dan pemerintah adalah untuk kesejahteraan masyarakat," tegas keuchik.

Perlu diketahui, dalam pelaksanaan cetak sawah baru yang dikerjakan oleh Kodim 0107/Asel dan masyarakat menargetkan untuk menjadikan Kluet Selatan sebagai lumbung padi dan mewujudkan swasembada pangan bagi Kabupaten Aceh Selatan.[Red]

Baca Juga