Kemenag Aceh Besar Gelar Proha Road To School

ACEH BESAR -  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, menggelar kegiatan produk halal (proha) road to school dalam rangka mensosialisasikan gerakan sadar halal bagi pelajar dan guru dari berbagai sekolah yang ada di Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar, Kamis (10/08/2017).

Kegiatan dipusatkan di MAN Sibreh diikuti 90 peserta, dengan materi mencakup sosialisasi undang-undang tentang produk halal, kebijakan LPPOM MPU dalam proses sertifikasi halal dan dilanjutkan dengan uji sampling terhadap berbagai jajanan yang ada di kantin MIN, MTsN dan MAN Sibreh. Hasil uji klinik tidak ditemukan zat-zat berbahaya pada jajanan di kantin sekolah tersebut.

Menurut H. Khalid Wardana, S.Ag, selaku Kepala Penyelenggara Syariah Kemenag Aceh Besar dengan kegiatan proha road to school ini melibatkan Tim LPPOM MPU Aceh dan Kemenag Aceh Besar yang akan berlanjut pada beberapa sekolah lainnya di Kabupaten Aceh Besar.

Melalui kegiatan ini diharapkan akan tumbuh kesadaran dari masyarakat, khususnya komunitas sekolah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang memenuhi standar halal dan higienis.  

Diharapkan juga akan muncul kesadaran dari pelaku usaha untuk mengurus sertifikasi halal di LPPOM MPU dan tidak dipungut biaya. Banyak pelaku usaha home industri seperti roti sele Samahani, Gula Ue, aneka jajanan kemasan, bubuk kopi belum ada label sertifikasi halal.

"Padahal dengan adanya UU tentang produk halal menjadi kewajiban bagi pelaku usaha untuk mengurus legalitas kehalalan produknya," pungkasnya.[DW]

Baca Juga