Mosi Tak Percaya, Warga Minta Bupati TS Berhentikan Keuchik Krueng Batu

ACEH SELATAN - Perwakilan masyarakat Krueng Batu menyerahkan surat mosi tak percaya serta memohon kepada Bupati H.T Sama Indra untuk memberhentikan Keuchik Gampong Kreung Batu, Kecamatan Kleut Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

Penyerahan surat tersebut berlangsung di pendopo Bupati Aceh Selatan, Senin (28/08/2017). Selain itu, salinan surat penyataan juga dilayangkan kepada Camat Kluet Utara, Kapolsek Kluet Utara, Danramil Kluet Utara, serta ke Komisi D DPRK. Adapun pernyataannya sebagai berikut:

1. Keuchik dalam menjalankan tugas cenderung arogan atas pelayanan kepada masyarakat tidak berperilaku seperti pemimpin.

2. Dalam melaksanakan pembangunan gampong sering tidak menghargai hasil keputusan musyawarah gampong.

3. Keuchik kerap melakukan penyelewengan kebijakan kepada masyarakat, dalam hal ini sudah beberapa kali mengeluarkan surat yang bersifat individu masyarakat dan tidak mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada yang bersangkutan.

4. Tidak adanya transparansi dalam pengelolaan dana gampong, salah satunya pada pengelolaan dana gampong pada tahun 2016, tidak membuat pertanggung jawaban secara resmi pada perangkat gampong.

5. Selama lebih kurang 16 bulan menjabat sebagai keuchik sudah beberapa kali disidangkan oleh aparatur gampong terkait perselisihan dengan masyarakat.

6. Keuchik dengan kebijakannya sering mengabaikan aparatur gampong, sehingga aparatur gampong mengundurkan diri secara massal.

Sementara itu, Yulizar sebagai perwakilan masyarakat Gampong Krueng Batu, Kecamatan Kluet Utara, mengharapkan kepada Bapak Bupati H.T. Sama Indra untuk menindaklanjuti dengan cepat persoalan ini.

"Kami berharap persolan ini agar cepat selesai dengan baik, supaya Gampong Krueng Batu dapat menjalankan roda kepemerintahannya kembali dengan baik, sehingga tidak terbengkalai seperti ini," tegas Yulizar.

Sebelumnya perwakilan masyarakat Krueng Batu juga melakukan audiensi dengan Kabag Kepemerintahan yang belangsung di ruangannya.

Dalam audiensi tersebut Kabag Kepemerintahan Zulkarnaini mengatakan persoalan terkait perangkat Gampong Krueng Batu akan mempelajari terlebih dahulu. Karena belum jelas duduk persoalan antara keuchik dan perangkat Gampong Desa Krueng Batu serta masyarakat.

"Terkait pemintaan masyarakat masalah turun lapangan, kami menunggu lebih lanjut arahan dan instruksi dari bupati. Yang jelas persoalannya akan kita selesaikan secepat mungkin," ungkap Zulkarnaini.[FA]

Baca Juga