LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Perangkat Gampong Meunasah Pinto Sambut Hangat PPM Mahasiswa Unsyiah

ACEH UTARA - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Gampong Meunasah Pinto, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, sejak tanggal 27 Juli hingga 27 Agustus 2017 mendatang. 

Kegiatan ini bertemakan  "Pemberdayaan Masyarakat Peternakan Melalui Penerapan Teknologi Fermentasi Complete Feed Berbasis Limbah Pertanian Dan Industri Pertanian"  Fakultas Pertanian Jurusan  Peternakan yang dilaksanakan dari berbagai fakultas yaitu Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

Program pengabdian masyarakat dilakukan berbasis multidisipliner untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
Perangkat Gampong Meunasah Pinto menyambut 12 Mahasiswa KKN PPM Periode XIII Tahun 2017 dari berbagai Jurusan  Perguruan Tinggi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, bertempat di Meunasah Gampong Meunasah Pinto, Senin  (31/07/2017).
Kehadiran 12 orang mahasiswa ini dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) disambut hangat oleh geuchik, Imum gampong, tuha peut serta perangkat gampong lainnya.
Muhammad Al Muarif  selaku Ketua Kelompok 4 KKN mengatakan pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 
Mahasiswa dan mahasiswi yang ditempatkan di Gampong Meunasah Pinto terdiri dari 6 mahasiswa dan 6 mahasiswi diantaranya Irza Lailatul Hikmah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Ekonomi Islam, Valerie Yovita Edward Fakultas Kedokteran Hewan Prodi FKH, Ajria Fakultas Pertanian Prodi PerternakanAnnisa Wahyuni Fakultas Pertanian Prodi Perternakan, Ayu Maulida Fakultas Pertanian Prodi PerternakanFahrurrazi Fakultas Pertanian Prodi Perternakan, Muhammad Rizki P Fakultas Pertanian Prodi PerternakanRahmad Doni Linge Fakultas Pertanian Prodi PerternakanMuhammad Ali Akbar Fakultas Pertanian Prodi PerternakanYuyun Fahrina Fakultas Pertanian Prodi PerternakanAkmal Fahmi Fakultas Pertanian Prodi Perternakan dan Muhammad Al Muarif  Fakultas Pertanian Prodi Perternakan.

"Insha Allah selama satu bulan pelaksanaan KKN di Gampong Meunasah Pinto,  kami sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Kami merasa sangat terharu dan bangga atas penyambutan dan kehadiran seluruh perangkat gampong," jelasnya. 

Sedangkan Tgk. Yusri Ben selaku Imum Gampong Meunasah Pinto dalam sambutannya mengatakan KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat, berikan sumbangsih sesuai kapasitas keilmuan anda sebagai intelektual muda, berikan masukan dan saran serta terobosan baru dalam memajukan masyarakat.

"Dalam hal ini, saya berharap kepada mahasiswa dan mahasiswi ilmu yang sudah didapatkan di universitas supaya bisa dengan mudah diimplementasikan kepada masyarakat," pintanya.

Sementara itu, Geuchik M. Yusuf Ibrahim dalam sambutan penerimaan mengatakan bahwa secara umum, kami siap melakukan pendampingan selama berlangsungnya kegiatan KKN mahasiswa di Gampong Meunasah Pinto.
"Kegiatan  KKN  tentunya bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa  bagaimana menyikapi dinamika sosial Kemasyarakatan yang ada. Bagaimana mahasiswa dapat berfikir secara komprehensif terhadap dinamika yang ada. Disamping itu, output yang diharapkan adalah KKN juga dapat menyiapkan dan membentuk kepribadian mahasiswa sebagai kader perubahan dalam masyarakat," tutup Geuchik Yusuf.[Rls]

Baca Juga