Peringatan HUT RI di Aceh Besar Berjalan Mulus

ACEH BESAR - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Aceh Besar berlangsung sukses, lancar dan khidmat dipusatkan di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho dengan Inspektur upacara Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali, Kamis (17/08/2017). 

Sedangkan pembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Zulfikar, SH dan pembacaan doa dipimpin oleh Tgk. Zaini MH. Komandan Upacara dipimpin oleh Lettu Kav Anung Saputro Wibowo, SIP dan Perwira Upacara Lettu Kav Randy Tajitiantoro.
Sebelumnya, menjelang peringatan detik-detik Proklamasi RI, unsur Forkopimda Aceh Besar, Kepala SKPD, Muspika Krueng Barona Jaya dan tokoh-tokoh masyarakat melakukan doa, ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan nasional Tgk. Nyak Arief sekitar pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya menjelang detik-detik Proklamasi, dipentaskan sosiodrama kepahlawanan perjuangan Cut Nyak Dhien yang dibawakan oleh puluhan santri dan santriwati Pesantren Tgk. Chik Oemar Diyan Indrapuri.

Seusai peringatan HUT RI ke-72, Bupati Aceh Besar didampingi Forkopimda menghadiri kegiatan pemberian remisi kepada sejumlah narapidana di Rumah Tahanan negara II B di Kota Jantho. Dalam kesempatan itu, Bupati Mawardi Ali menyerahkan 300 lembar baju koko untuk para penghuni Lapas II B Jantho.
Kemudian, usai shalat Dhuhur, Pemkab Aceh Besar bersama Forkopimda, SKPD dan masyarakat mengikuti doa bersama di Masjid Al-Munawwarah Kota Jantho.

Peringatan HUT RI ke-72 di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho juga dihibur dengan lomba panjat pinang yang dihadiri ribuan masyarakat. Selain itu, para camat se-Aceh Besar juga bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan hari bersejarah tersebut di kecamatan masing-masing.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar menginformasikan, pameran pembangunan yang telah dilaksanakan sejak 11 Agustus 2017 di Taman Meuligo Kota Jantho akan ditutup pada Sabtu, 19 Agustus 2017 malam.[DW]

Baca Juga