Petani Abdya Lakukan Ini Saat Musim Panen Tiba

ABDYA - Musim panen padi tahun 2017 sudah dimulai sejak beberapa pekan yang lalu, ada kebiasaan petani sawah yang turun temurun dilakukan setelah padi siap dipanen.

Di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) petani sawah terlebih dahulu mengumpulkan hasil panen secara bersama-sama dan menempatkan di areal sawah yang telah dibersihkan dengan ukuran sesuai dengan hasil panen yang didapat.

"Padi yang siap dipanen kita kumpulkan terlebih dahulu dengan diangkut secara bersama-sama sebelum dirontokkan dengan mesin," kata Yusuf, petani Desa Babahlhok Blangpidie saat ditemui LintasAtjeh.com di lokasi, Selasa sore (22/08/2017).

Menurut Yusuf, untuk mengumpulkan padi yang telah siap dipanen membutuhkan tenaga kerja lebih dari tiga orang. Hal ini untuk mempercepat mengumpulkan pada tempat yang telah dipersiapkan sebelumnya.

"Dengan cara seperti itu, banyak keuntungan yang kita dapatkan salah satunya kadar air gabah berkurang dan budaya kebersamaan terlihat disana. Karena kita tidak bisa mengumpulkan hasil panen secara perorangan tanpa ada bantuan orang lain. Jadi lebih cocok kita katakan budaya gotong royong itu tetap terjaga pada petani," demikian sebut Yusuf.[ADI S]

Baca Juga