Rencana Tanam Kacang Tanah, Petani Blangpidie Siapkan Lahan

ABDYA - Pasca panen padi sejumlah petani di dua desa di Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai membersihkan jerami bekas tanaman padi di areal persawahan untuk ditanami kacang tanah.

"Ya, kita sedang membersihkan bekas tanaman padi yang baru saja siap panen," kata salah seorang petani, Zakarya (45), warga Desa Mata Ier yang ditemui LintasAtjeh.com di areal persawahan, Kamis (10/08/2017), di Blangpidie.

Lanjut Zakarya, sebelum dilakukan penanaman kacang tanah, terlebih dahulu lokasi harus dibersihkan sehingga proses pengolahan tanah lebih mudah.

"Jika ingin kualitas kecambah bagus terlebih dahulu jerami harus kita bakar. Setelah semuanya bersih baru kemudian dilakukan pematangan lahan baru selanjutnya dilakukan penanaman," terangnya.

Dikatakannya, tidak hanya dia saja yang mempersiapkan tempat untuk menanam kacang tanah tetapi semua sawah yang sudah siap panen juga ikut serta.

"Disini panen padi baru saja siap, karena jadwal tanam padi masih lama. Kami petani di kawasan Desa Mata Ie dan Desa Kuta Tinggi sepakat menanam kacang tanah. Hitung-hitung memanfaatkan waktu luang," cetusnya.[ADI S]

Baca Juga