LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Target Percasi Aceh Besar Enam Medali Emas

ACEH BESAR - Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh Besar melakukan rekrutmen atlet untuk dipersiapkan ke Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII/2018.

Ketua Umum Pengkab Percasi Aceh Besar, Mukhlis melalui Ketua Harian, Wira Akbar mengungkapkan bahwa rekrutmen pecatur dilakukan melalui seleksi yang akan dilaksanakan dua hari, Minggu dan Sabtu, 5-6 Agustus 2017, di  Banda Aceh.

"Seleksi rekrutmen pecatur yang akan kita laksanakan ini khusus untuk atlet putra. Seleksi ini terbuka bagi pecatur Aceh Besar," jelas Wira, Kamis (03/08/2017).

Katanya, seleksi yang menganut pertandingan sistim Swiss berlangsung selama lima babak. "Dari seleksi ini kita akan merekrut lima pecatur untuk dipersiapkan melalui pemusatan latihan daerah (Pelatda) guna menghadapi PORA XIII/2018 di Aceh Besar," ujarnya.

Wira mengatakan Aceh Besar sebagai tuan rumah PORA akan menyiapkan tujuh pecatur terdiri enam putra dan satu atlet putri, mengikuti semua nomor yang dipertandingkan kategori putra dan putri.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pada PORA nanti cabang olahraga catur mempertandingkan kategori perorangan dan beregu putra nomor catur klasik, cepat, kilat. Kategori perorangan putri nomor catur klasik, cepat dan kilat memperebutkan 9 medali emas.

Disebutkannya pada PORA XII/2014 di Aceh Timur, Aceh Besar meraih tiga medali emas dari kategori perorangan putri catur klasik, cepat dan kilat melalui Master Nasional (MN) Wita Rahayu dan satu perak dari catur cepat putri atas nama Famela Naridha serta satu medali perunggu beregu.

"Sebagai tuan rumah kita menargetkan meraih enam medali emas sekaligus juara umum di PORA nanti," ujarnya.

Katanya, target tersebut dipasang berdasarkan hasil pertandingan lima bulan terakhir tahun ini yang diikuti pecatur Kabupaten Aceh Besar di sejumlah turnamen dan barometer meraih tiga medali emas di PORA XII/2014 di Aceh Timur.

Untuk mencapai target, sebutnya lagi, selain membina secara maksimal para pecatur yang direkrut hasil seleksi, squad catur Aceh Besar akan diperkuat dua master nasional yang juga tampil di PON XIX/2016 di Jawa Barat.

"Kita akan mempersiapkan para pecatur maksimal melalui Pelatda, guna bisa meraih target enam medali emas sekaligus juara umum," pungkasnya.[DW]

Baca Juga