Tiga Desa Kecamatan Meuraxa Sudah Gratis Terima Rastra

BANDA ACEH - Tiga desa di Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh untuk beberapa periode sudah bisa menikmati Rastra (Beras Sejahtera) secara gratis tidak perlu membayar uang tebusan berjumlah puluhan ribu. 

Berikut keterangan yang dihimpun LintasAtjeh.com, Minggu (13/08/2017), dari Keuchik Desa Alue Deah Tengoh, Keuchik Desa Deah Baro dan Desa Lampaseh serta keterangan dari warga penerima Rastra:

Keuchik Desa Alue Deah Tengoh, Ridwan Hamzi   mengatakan untuk penerima Rastra (Beras Sejahtera) di desanya sekitar 350-an warga.

"Untuk penerima memang ada dua kriteria. Penduduk asli dan pendatang (penyewa) yang sudah menetap lebih dari 4 tahun. Untuk jumlahnya memang dibedakan," ujarnya.

Sedangkan biaya menebus Rastra sudah tiga kali penerimaan, warga tidak perlu mengeluarkan biaya. 

"Alhamdulillah masyarakat tidak (perlu) mengeluarkan biaya lagi. Karena memang sudah ditebus. Mungkin bapak kenal yaa, Bapak Daniel Abdul Wahab," sebutnya.

Dikatakannya, bantuan itu memang dari uang pribadi Pak Daniel sebagai bentuk perhatian beliau kepada warga kami.

"Kebetulan kehidupan warga kami rata-rata nelayan. Jadi dengan bantuan ini, warga juga bersyukur dan berterimakasih karena sudah gratis terima Rastra," demikian kata Ridwan Hamzi. 

Hal senada juga dikatakan Keuchik Desa Deah Baro, Nurkhalidin bahwa selama ini sebanyak 117 warga sudah bisa menikmati Rastra secara gratis.

"Sebelumnya masyarakat harus menebus sekitar 26 ribu untuk 8 bambu Rastra. Tapi sekarang sudah ditebus anggota dewan Daniel A. Wahab dari PKPI. Memang dia banyak bantu dari uang pribadi bukan uang reses," terang Keuchik Nurkhalidin.

Sementara Keuchik Gampong Lampaseh, Syamsul Bahri mengatakan bahwa untuk penerimaan beras Rastra saat ini warganya tidak perlu membayar uang tebusan.

"Sebelumnya warga memang harus menebus untuk dapat Rastra. Tapi sekarang tidak (bayar) lagi, warga tinggal ambil beras saja," katanya.

"Kebetulan ada anggota dewan Kota Banda Aceh yang sudah tebus biayanya sekitar 4 jutaan di kecamatan. Ya, Pak Daniel yang tebus," sebutnya.

Sedangkan menurut keterangan warga Lampaseh penerima Rastra, Wirman Bob mengatakan sejak Tahun 2015 warga lancar menerima Rastra dan gratis berkat Pak Daniel.

"Dulu untuk menebus Rastra sebanyak 15 kg/satu sak, warga harus bayar 30 ribu. Sekarang warga terbantu karena sudah ditebus Pak Daniel Abdul Wahab. Kita sekarang bisa menghemat uang karena nggak bayar lagi, kalau dulu kita mikir nyari uang buat tebusan," kata Wirman Bob.[Red]

Baca Juga