Uasyiiik! Menantu Idaman "Itu" Pramuka

JAKARTA - Dalam pidato Upacara Peringatan HUT NKRI ke-72 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault membuat suasana upacara lebih segar. Pasalnya, ia menyinggung bahwa Pramuka berpotensi menjadi menantu idaman para mertua.
 
Saat awal pidato, Adhyaksa menjelaskan bahwa ia memiliki harapan bagi Pramuka Indonesia agar suatu saat nanti mendapat dukungan penuh dari pemerintah, memiliki sistem yang jauh lebih baik, dan juga menghasilkan generasi Pramuka yang lebih mumpuni.
"Jika nanti cita-cita saya itu tercapai, akan muncul pendapat dari para orang tua bahwa menantu idaman para mertua adalah anggota Pramuka," ujarnya diikuti gelak tawa dan tepuk tangan meriah dari peserta upacara.
 
Adhyaksa juga menambahkan, anggota Gerakan Pramuka Indonesia tahun ini berjumlah 22 juta, 10,8 juta di antaranya telah terdaftar secara online. Seluruh Pramuka tersebut dipastikan terhindar dari narkoba.
 
"Jadi, jika nanti ada orang tua yang mencari pasangan untuk anaknya, tanya dulu, dia Pramuka atau bukan. Kalau Pramuka, kalian sudah separo diterima," kelakar pria yang dikenal tegas sekaligus humoris itu.
 
Adhyaksa juga menjelaskan pentingnya anggota Gerakan Pramuka sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati jasa para pahlawan. Tak luput, Adhyaksa memberikan apresiasi kepada Pramuka dari berbagai Kwartir Daerah yang mengenakan dan mengenalkan baju adat saat upacara HUT RI tersebut.
 
Menpora Periode 2004-2009 ini juga meminta Pramuka menjadikan kedua orangtua, para guru, pemuka agama, pelatih dan pembina Pramuka mereka sebagai idola.
 
"Kakak tidak mempersoalkan adik-adik histeris menyambut kedatangan para artis baik dari dalam dan luar negeri, minta foto, minta tanda tangan, bahkan ada yang sampai pingsan, dll. Namun, jangan lupa di rumah adik-adik, di sekolah adik, di rumah-rumah ibadah, dalam kegiatan luar ruangan ada pahlawan-pahlawan yang juga wajib adik-adik idolakan. Mereka adalah kedua orang tua adik-adik, para guru, para pemuka agama, dan kakak-kakak para pelatih dan pembina Pramuka," pungkasnya.
 
Perlu diketahui, Raimuna Nasional XI 2017 diikuti 15.000 Pramuka Penegak dan Pandega dari 541 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia. Raimuna Nasional kali ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT Pramuka ke- 56 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017.[*]

Baca Juga