Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke 72 di Aceh Tamiang 'MEMALUKAN' Ahh!

ACEH TAMIANG - Upacara penurunan bendera merah putih HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang, di Lapangan Kompleks Perkantoran Pemkab setempat, Kamis (17/08/2017) sore, seharusnya berjalan secara khidmad dan sakral, namun mendadak menjadi heboh.

Pasalnya, tanpa diduga muncul insiden memalukan, yakni Tim Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang jauh-jauh hari telah berlatih, gagal menurunkan bendera merah putih.



Akibat insiden memalukan tersebut terdengar suara gemuruh seperti lebah muncul seketika, ada yang tersenyum, ada yang tertawa kecil dan tidak sedikit yang kecewa mengiringi suasana upacara yang dihadiri oleh Muspida Aceh Tamiang. para Aparatur Sipir Negara (ASN), tokoh masyarakat serta khalayak.

Pantauan LintasAtjeh.com, insiden memalukan itu terjadi ketika Tim Paskibra akan menurunkan bendera merah putih dari atas tiang, namun tali bendera jatuh sehingga bendera merah putih masih tetap berada dipucuk tiang hingga usai upacara.

Belum diketahui secara pasti tentang sebab terjadinya insiden itu, namun diduga kuat karena kelalaian dari pihak panitia penyelenggara upacara yang terkesan kurangnya persiapan matang dengan penggunaan kawat berbentuk ring sebagai pengait tali bendera pada tali.

Pasca usai prosesi upacara penurunan bendera, ditemukan kawat berbentuk gelang cincin yang terletak di lantai keramik, bawah tiang bendera yang terjatuh pada saat berlangsungnya upacara. Bendera baru dapat diturunkan pada saat menjelang maghrib dengan menggunakan bantuan mobil khusus perbaikan lampu jalan.

Banyak pihak merasa kecewa atas munculnya inseden memalukan itu, termasuk Perwira Penghubung Aceh Tamiang (Pabung Atam) Kodim 0104/Atim Mayor Inf A. Yani. Para anggota Paskibra juga terlihat tidak mampu menahan kecewa. Padahal, awal latihan hingga gladi resik semua berjalan baik-baik saja.

Ketika berita ini ditayangkan, LintasAtjeh.com belum dapat mengkonfirmasi pihak panitia penyelenggara Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72 yang diselenggarakan oleh Pemkab Aceh Tamiang yang saat ini dipimpin oleh Bupati H. Hamdan Sati ST.[Zf]

Baca Juga