150 Mahasiswa Baru Ikuti Kompas Tahun Akademik 2017/2018

ACEH SELATAN - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melaksanakan Kegiatan Orientasi Mahasiswa Politeknik Aceh Selatan (Kompas) tahun ajaran 2017/2018 kepada mahasiswa baru. Kegiatan Kompas diikuti sebanyak 150 mahasiswa baru yang tergabung dari empat jurusan yaitu teknik mesin, industri, komputer, serta informatika.

"Tujuan Kompas adalah untuk memperkenalkan tentang kampus Poltas, aturan Poltas, serta pembekalan karakter calon mahasiswa yang dilaksanakan selama beberapa hari," kata Suryadi selaku Ketua BEM Poltas kepada LintasAtjeh.com di Kampus Poltas, Jalan Merdeka Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Senin (18/09/2017).

Sementara itu, sambutan Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Ilham Maulana, ST, MT, yang disampaikan oleh Kabag Kemahasiswaan Politeknik Aceh Selatan, Irwansyah, ST, mengatakan sebagaimana diketahui bahwa Politeknik Aceh Selatan merupakan satu-satunya perguruan tinggi vokasi di wilayah barat selatan Aceh. Jadi wajib untuk menjaga dan melakukan upaya untuk mengembangkan kampus tercinta ini agar selalu unggul di berbagai ajang kompetisi baik tingkat lokal maupun nasional.

"Sudah banyak prestasi yang Politeknik Aceh Selatan raih seperti 2 kali juara TTG se-Aceh dan 1 kali tingkat Nasional. Kemudian 2 kali finalis lomba Film Dokumenter se-Aceh, juara karate pada Pomnas dan juara paduan suara," sebutnya.

Selain prestasi mahasiswa juga terdapat prestasi-prestasi dosen yang membanggakan khususnya pada tahun ini, dimana 3 dosen teknik mesin lulus program magang luar negeri (Jerman, Canada dan Belanda) dan 2 orang dosen masing-masing dari Teknik Industri dan Teknik Informatika lulus dalam program magang dalam negeri.

"Pada tahun 2017 ini (tepatnya hari ini) sudah mulai dibangun kampus baru Politeknik Aceh Selatan yang representative dan megah diatas Gunung Ribee Samadua," ucapnya.

"Pada kesempatan ini, mari kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memudahkan jalan bagi kita semua. Ucapan terimakasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada Bupati Aceh Selatan atas usahanya dalam pengadaan gedung baru ini. Dan juga ucapan terimakasih kepada ketua yayasan beserta jajarannya atas dukungan yang luar biasa selama ini," lanjutnya.

Ia menambahkan, sudah sepatutnya adik-adik mahasiswa baru merasa bangga karena telah memilih kuliah di Kampus Politeknik. Bayangkan saat ini negara-negara maju telah fokus pada pendidikan vokasi ini sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga tidak heran jika jumlah Politeknik di negara-negara tersebut telah mencapai 40-60% dari jumlah universitasnya.

Dijelaskanya lagi, tidak heran juga jika mereka memiliki jumlah SDM yang terampil dan mampu berkiprah pada level Internasional seperti Cina, Jerman, Jepang, Canada, Singapura dan lain-lain. Terbukti bahwa negara mereka banyak disokong oleh tenaga-tenaga terampil ini. Indonesia terlambat menyadari kondisi ini, sehingga jumlah Politeknik hanya 6 % dari jumlah universitas, masih sangat jauh sekali. Oleh sebab itu, Politeknik saat ini merupakan prioritas utama pemerintah dalam menciptakan SDM yang memiliki skil yang mampu menaikkan daya saing bangsa. Dengan rasa bangga ini juga, kami mengajak mahasiswa baru dan lama untuk serius dalam menempuh pendidikan di Politeknik.

"Kami percaya bahwa anda masuk ke kampus ini dengan memiliki berbagai tujuan tertentu, yang mengarah pada kesejahteraan atau kehidupan pribadi, keluarga yang lebih baik di masa depan. Kita semua memiliki kewajiban bersama untuk mensejahterakan bangsa Indonesia. Agar kewajiban kita dapat dilaksanakan, kami berharap anda dapat bekerja secara kreatif, inovatif, serta ikhlas, dengan baik dan sungguh-sungguh tanpa melanggar norma maupun aturan-aturan lainnya," paparnya.

Jelas Irwansyah lagi, di dalam kampus Politeknik Aceh Selatan ini seluruh perundangan mulai dari norma dan aturan harus diwujudkan sebagai sistem, dengan sistem semua warga dapat berkarya dengan baik. Hanya dengan cara inilah kesejahteraan bangsa termasuk kesejahteraan setiap individu akan dapat tercapai.

Lanjutnya, selama menjadi mahasiswa di kampus ini, membagi waktu menjadi faktor penting bagi seluruh mahasiswa untuk melakukan proses pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler yang terstruktur dan terencana dengan baik, lembaga kemahasiswaan, bekerjasama dengan unit-unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan lainnya akan melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kedewasaan dan kemandirian mahasiswa. Dengan demikian para mahasiswa diminta secara aktif untuk memanfaatkan dan mengikuti dengan baik kegiatan tersebut

"Para mahasiswa baru angkatan 2017 merupakan warga kampus yang belum mengenal dengan kehidupan akademik dan kemahasiswaan. Maka Politeknik Aceh Selatan menyelenggarakan kegiatan orientasi Mahasiswa Politeknik Aceh Selatan (Kompas) untuk saudara-saudara, melalui program ini mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi ini. Disamping itu juga diperkenalkan lembaga kemahasiswaan yang ada di Politeknik Aceh Selatan. Program ini juga dimaksudkan untuk menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dan lama serta dengan seluruh warga civitas akademika kampus Politeknik Aceh Selatan," tandas Irwansyah, ST.[FA]

Baca Juga