Badai Porak - Porandakan Rumah Warga, Begini Respon Cepat Babinsa Kluet Selatan bersama Masyarakat

ACEH SELATAN - Delapan unit rumah porak-poranda akibat terjangan badai yang menghantam pemukiman warga Desa Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (26/09/2017) kemarin. 

Informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, atas peristiwa yang terjadi Selasa sore itu, terdapat 4 unit rumah mengalami rusak parah dan 4 unit yang rusak ringan. Namun tidak ada korban jiwa.

"Benar, secara keseluruhan setelah didata ada 8 unit rumah yang mengalami rusak akibat badai, namun ada yang ringan dan ada yang berat," ujar Babinsa Koramil Kluet Selatan Serka Isradi saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com, Rabu (27/09/2017).

Menurut Serka Isradi, pada saat terjadi angin kencang disertai hujan, warga mulai waspada dan mencari pengamanan diri sehingga tidak ada korban jiwa.

"Badai hanya memporak porandakan bangunan rumah. Badai menyapu atap rumah dan bagian dinding papan, kita langsung tanggap darurat terjun ke lapangan membantu warga yang terkena musibah," terang Serka Isradi kepada Pendim0107Asel.

Adapun data rumah masyarakat yang mengalami korban bencana alam akibat badai adalah sebagai berikut Rusak Berat rumah Hj.Rosmanidar (50) jumlah anggota keluarga empat orang, rumah Abi Syahrim (72) jumlah anggota keluarga lima orang, rumah Ishak MD (70) jumlah anggota keluarga tujuh orang dan rumah M.Abad (70) jumlah anggota keluarga enam orang.

Sedangkan rumah masyarakat yang mengalami rusak ringan adalah rumah Nasrullah (68) jumlah anggota keluarga tujuh orang, rumah Suwardi (46) jumlah anggota keluarga tiga orang, rumah Hendrizal (36) jumlah anggota keluarga enam orang dan rumah M.Falaq (35) jumlah anggota keluarga tiga orang.

Untuk saat ini, Babinsa bersama masyarakat masih terus membantu perbaikan dan pembersihan sisa kerusakan rumah - rumah yang telah Porak poranda.

Sementara itu, Batuud Koramil 07/Kluet Selatan Pelda Erfin Sormin mengatakan Keuchik Suaq Bakong Sasdi Meri sudah melaporkan kejadian tersebut ke Camat melalui surat laporan singkat bencana alam.

"Surat laporan singkat sudah dikirimkan ke Camat kemarin hari selasa, dengan harapan agar mendapatkan bantuan dimasa panik," tegasnya.

"Alhamdulillah Pemda melalui Dinas Sosial (Dinsos) Asel sudah memberikan bantuan masa panik berupa sembako dan tikar," tutup Batuud.[FA]

Baca Juga