Banjir Genangi Ruas Simpang Gampong Padang Bakau Labuhanhaji

ACEH SELATAN - Akibat hujan deras dalam 2 hari terakhir mengakibatkan luapan air di ruas jalan sepanjang 200 meter, di Simpang Karoeke Gampong Padang Bakau, Kecamatan Labuhanhaji dan Labuhanhaji Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Senin (04/09/2017) sekira pukul 16.30 WIB.

Air naik setinggi 60-70 cm diakibatkan saluran pembangunan tersumbat karena berkelok di samping jalan, apalagi saat ini air dari gunung turun sangat kuat. Sampai saat ini banjir belum surut dan sudah masuk ke rumah warga daerah Gampong Padang Bakau.

Salah satu tokoh pemuda Labuhanhaji, Jamaluddin, S.Pd yang juga menjabat Ketua DPC Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI) mengatakan air meluap di sepanjang ruas jalan tersebut memang sudah menjadi langganan ketika hujan turun.

"Air meluap diakibatkan saluran pembuangan air agak kecil dan dangkal serta letaknya sangat dekat tepi jalan nasional," katanya.

Menurutnya, selama ini ada upaya normalisasi pada sungai kecil dekat jembatan lokasi genangan air dari pemerintah. Namun, saluran yang berada antara toko bangunan warga arah ke jalan nasional tak kunjung membaik karena ada tikungan.

"Kami berharap kepada Pemda untuk membuat tanggul dan memperbaiki saluran kecil. Karena air gunung turun sangat kuat melalui saluran itu," ungkapnya.

Ia berharap, semoga kedepan banjir dan genangan air di jalan itu tidak terjadi lagi pada saat musim hujan.

"Sebab bila banjir tiba, genangan air saat mobil besar lewat ombaknya masuk ke dalam rumah warga yang berada di dekat itu," pungkas Jamaluddin.[FA]

Baca Juga