Berperan Penting di Real Madrid, Ronaldo Merendah!

IST
JAKARTA - Cristiano Ronaldo kembali menunjukkan peran pentingnya di skuat Real Madrid. Pemain asal Portugal itu mencetak dua gol saat Los Blancos mengalahkan Borussia Dortmund 3-1 di Signal Iduna Park dalam lanjutan penyisihan Grup H Liga Champions, Rabu (27/09/2017). 

Kemenangan ini terasa spesial. Sebab selama ini, Real Madrid dikenal sulit menang di kandang Dortmund. 

Tampil dengan kekuatan penuh, Real Madridlangsung membuka keunggulan lewat gol Gareth Bale pada menit ke-18. Ronaldo kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-49. 

Tuan rumah sempat memperkecil kekalahan lewat gol Aubameyang menit ke-54. Namun Ronaldo kembali berhasil memperlebar jarak menjadi 3-1 lewat golnya pada menit ke-79.

Meski demikian, Ronaldo enggan besar kepala. Mantan pemain Manchester United tersebut menganggap kemenangan yang diraih Madrid atas Dortmund hasil kerja keras satu tim. Bahkan menurutnya, tanpa kehadirannya kekuatan Real Madrid tidak akan berubah. 

"Ketika Cristiano Ronaldo tidak di sini, saya lihat Madrid sama saja. Ketika Cristiano di sini, tetap sama juga," kata Ronaldo saat diwawancara Susana Guasch, seperti dilansir AS.

Ronaldo selama ini memang kerap dianggap sebagai 'ruh' Real Madrid. Sebab tanpa kehadirannya, Madrid kerap tidak berdaya di hadapan lawan-lawannya. Terbukti pada awal musim ini, Ronaldo sempat menuai hukuman lima pertandingan di pentas La Liga.

Akibatnya, Los Blancos pun harus terseok-seok di papan klasemen. Saat ini, Real Madrid masih berada di urutan ke-6 dengan 11 poin dari 6 pertandingan. Sementara rival abadi mereka, Barcelona, berada di puncak klasemen dengan total 18 poin dari enam pertandingan. 

"Kami selalu bertarung dengan cara yang sama. Tim ini punya bakat yang dibutuhkan untuk terus berkembang dan maju tanpa Cristiano Ronaldo atau Bale," kata Ronaldo.[Liputan6]

Baca Juga