BKPRMI Aceh Besar Utus 8 Santri Ikuti FASI Tingkat Nasional

ACEH BESAR - Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kabupaten Aceh Besar, Rabu mendatang (13/09/2017), akan memberangkatkan 8 orang santri TPQ Kabupaten Aceh Besar dalam rangka mengikuti event Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke 10 tingkat Nasional di Banjarmasin. Acara dua tahunan ini dikuti oleh seluruh Kafilah Propinsi di Indonesia.

Menurut Saiful Hadi, S.Pd.I, yang menjabat sebagai Ketua DPD BKPRMI Aceh Besar, mengatakan acara ini akan diadakan pada tanggal 13 hingga 16 September dan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Rencananya menteri Pemuda dan Olahraga serta Menteri Agama juga dikabarkan akan hadir," tuturnya.

Dijelaskannya, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia juga akan menyelenggarakan Jambore BKPRMI dan festival makanan halal yang akan diikuti 3.000 peserta. Jambore memperebutkan tropi tetap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ke-3, juga akan dimeriahkan dengan Festival Makanan Halal yang diikuti 22 negara anggota Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) seluruh dunia. 

Saiful Hadi juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung event ini. Mulai dari tingkat kabupaten, propinsi, hingga nasional, baik Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, pihak swasta dan para orang tua santri. 

"Kita berharap nantinya kafilah Aceh Besar yang tergabung pada kafilah Propinsi Aceh dapat menjuarai beberapa bidang lomba dan menjadikan pengalaman berharga bagi mereka," harapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Tk Al-Quran BKPRMI Aceh Besar (LPPTKA), Taqwallah, S.Pd.I, menuturkan bahwasanya kegiatan ini akan diikuti oleh 45 orang peserta hasil seleksi FASI tingkat Propinsi Aceh yang diikuti oleh sejumlah kabupaten kota di Aceh pada bulan Desember 2016 lalu.

"Alhamdulillah Aceh Besar saat ini mengirimkan delapan orang santri TPA terbaik yang lolos seleksi propinsi untuk mengikuti event nasional tersebut," sebutnya.

Sedangkan menurut Baihaqi, S.Pd, selaku Ketua Panitia FASI Kabupaten Aceh Besar, mengungkapkan akan terus meningkatkan pembinaan terhadap potensi anak-anak TPA yang ada di Aceh Besar melalui acara-acara perlombaan sehingga bakat santri dapat terasah dan tersalurkan.

"Hari ini kita berhasil mengirimkan 8 orang peserta, ini sangat luar biasa untuk keterwakilan Aceh Besar di tingkat Nasional. Ini adalah asset Aceh Besar yang harus dipertahankan dan ditingkatkan," tutur Baihaqi yang juga sebagai Ketua Penyuluh Agama Kecamatan Suka Makmur Sibreh.

Hal senada disampaikan Ustad Haris Kurniawan selaku Ketua Majelis Pertimbangan Daerah DPD BKPRMI Aceh Besar yang menyebutkan bahwa ke delapan orang santri tersebut adalah hasil dari seleksi tingkat Kabupaten Aceh Besar dan Propinsi Aceh beberapa waktu yang lalu. 

"Terimakasih kepada ustadz maupun ustadzah yang telah bersusah payah membina santri. Kita tahu bahwa di Aceh Besar terdapat ratusan TPA dibawah binaan BKPRMI dan juga Kementrian Agama, sehingga jika potensi anak-anak dilatih sejak dini maka akan dapat memajukan Aceh Besar di berbagai sektor di masa yang akan datang," tutur Ustad Haris Kurniawan.

Adapun yang akan berangkat mendampingi santri Aceh Besar di Banjarmasin nanti adalah Saiful Hadi (Ketua BKPRMI), Taqwallah (Ketua LPPTKA), Baihaqi (Wakil Ketua LPPTKA) Freddy Suharyady (Sekretaris LPPTKA) dan Zulkarnain (Komandan Brigade BKPRMI) .

Adapun 8 Santri dari Aceh Besar pada FASI Tingkat Nasional yaitu:

1. Aqila Zafira Putri, cabang Tartil tingkat TKA dari  TPA Ar Rahmah
2. M. Al Syarifi, cabang Pidato tingkat TKA dari TPA Nurul Ilmi
3. Shahib Al Mahasin, cabang peraga shalat tingkat TKA dari TPA Darur Rahmah
4. Ahmat Fathir, cabang Azan & Iqamah tingkat TPA dari TPA Ar Rahmah
5. M. Firmansyah, cabang Pidato tingkat TPA dari TPA Al Ishlah
6. Nahzatusy Syima, cabang Tahfidz tingkat TQA dari  TPA Darul Hasani
7. Opal Duana, cabang Kaligrafi tingkat TQA dari TPA Urwatul Wusqa
8. M. Farhan, cabang Pidato tingkat TQA dari TPA Ulumul Quran.[*]

Baca Juga