Distan Abdya Siap Sukseskan Tanam Kedelai Tahun 2017

ABDYA - Untuk menyukseskan swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah Pusat terhadap tiga komoditi pertanian, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Pertanian Aceh memperoleh luas tanam kedelai sebanyak 1000 hektar untuk tahun 2017.

"Sementara padi, jagung sudah mencapai target swasembada, tinggal lagi kedelai yang belum. Makanya Kementan RI untuk tahun ini kembali menggagas tanam kedelai di seluruh nusantara seluas 500 ribu hektar," sebut Kadistan Abdya, Muslim Hasan kepada LintasAtjeh.com, Senin (18/09/2017), di Blangpidie.

Lanjut Muslim, untuk Provinsi Aceh sendiri mendapat kepercayaan untuk menanam kedelai seluas 25 ribu hektar yang dibagikan seluruh kabupaten/kota. Sementara Kabupaten Abdya memperoleh 1000 hektar berikut Kabupaten lain mendapat luas tanam kedelai yang bervariasi.

Lebih lanjut dikatakan Muslim, selain mempersiapkan musim tanam padi rendengan, pihaknya juga sudah mempersiapkan pembagian lokasi areal untuk ditanam kedelai pada setiap kecamatan yang ada Wilayah Kabupaten Abdya.

"Kita sudah memperoleh luas tanam kedelai pada setiap kecamatan berikut nama kelompok taninya. Ditambah lagi dengan kesiapan Pemerintah Abdya yang siap menyukseskan pogram tersebut," jelas Muslim.

Tidak hanya itu, katanya, pihak Dinas Pertanian juga akan memprioritaskan menanam kedelai di lokasi kebun kopi milik sejumlah koptan. Diperkirakan hampir setengah dari jumlah tanam kedelai yang diperuntukkan untuk Abdya. Hal ini dilakukan untuk menyukseskan satu pogram "Kedelai" tetapi dua manfaat.

"Program tanam kedelai yang dicanangkan Pemerintah Pusat tersebut dalam rangka swasembada kedelai untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Kalaupun nantinya ada yang lebih,  kan bisa diekspor keluar," tutup Muslim.[ADI S]

Baca Juga