Ini Kritik LSM MPL Jawilan Terkait Kendaraan Over Tonase Melintas di Jalan Cikande-Kopo

IST
SERANG - LSM Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) mengkritik banyaknya kendaraan truk bermuatan melebihi tonase untuk kepentingan perusahaan yang ada di sepanjang Jalan Kopo-Maja, Kabupaten Serang, Banten.

Hal ini diungkapkan H. Supen  selaku Anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) LSM MPL di kantor sekretariat, Kampung Buntu, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten, Senin (25/09/2017).

"Jalan Raya Kopo-Maja merupakan jalan kabupaten kelas III dan jalan primer tidak diperuntukan untuk kendaraan besar bermuatan melebihi tonase. Namun kendaraan besar jenis truk bermuatan melebihi tonase sering melintas hilir mudik untuk kepentingan perusahaan-perusahan yang ada di sepanjang  jalan tersebut," ungkap H. Supen.

Ditambahkannya, hal ini kami kritik karena menyebabkan jalan tersebut cepat rusak. Selain itu, sangat mengganggu pengendara lain ketika berpapasan dengan kendaran besar. 

"Jalan kabupaten kelas III ini sangat tidak wajar dilewati kendaran besar sampai melebihi tonase, seperti truk fuso yang membawa batu bara, truk pengangkut pasir dan yang lainnya," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah mengajukan surat ke Pemerintahan Kabupaten Serang, DPRD kabupaten/provinsi dan Jajaran Polda Banten untuk diadakan dengar pendapat terkait kendaraan besar yang melebihi tonase di sepanjang Jalan Kopo-Maja.

"Setidaknya pemerintah bisa mengatasi permasalahan ini dengan melarang kendaraan-kendaran yang melebihi tonase. Atau pasang plang himbauan dilarang melintas," tutup H. Supen.[*]

Baca Juga