Kabar Gembira! Kodim Aceh Selatan Ciptakan Pupuk Organik Alami

ACEH SELATAN - Pupuk organik berbahan alami merupakan terobosan dari Kodim 0107/Aceh Selatan yang dapat digunakan untuk vitamin pada tanaman seperti jagung, padi, cabai dan lain sebagainya. bahkan untuk hewan sekalipun seperti ayam, kambing dan sapi dapat diberikan.

Bahan dalam pembuatan pupuk organik alami ini tentu tidak menggunakan bahan kimia, namanya saja pupuk organik alami dan cara pembuatannya terbilang sangat mudah.

Pasiter Kodim Asel Kapten Inf Abdurokhim, S.Ag mengungkapkan proses pembuatan pupuk tersebut saat menerima kunjungan Plh Kasiter Korem 012/TU Mayor Inf Amrizal di ruang Kantor Staf Teritorial Kodim 0107 Aceh Selatan Desa Lhok Bengkuang Timur,  Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (12/09/2017) kemarin.

Menurut Pasiter Kodim 0107/Aceh Selatan Kapten Inf Abdurokhim, pupuk organik ini cukup gampang dan ramah lingkungan karena berbahan dari buah-buahan serta air biasa.

"Pupuk organik ini berbahan dari buah - buahan yang bisa digunakan untuk vitamin dicampur dalam makan ternak dan juga bisa untuk memupuk tanaman," jelas Pasiter kepada Plh Kasiter Korem 012/Teuku Umar.

Lebih lanjut, Pasiter Kapten Inf Abdurokhim memaparkan cara pengolahannya secara umum. Pertama sediakan buah segar di dalam pot kecil, setelah itu sterilkan atau direndam dalam air panas selama lebih kurang 70 derajat. Selanjutnya semua bahan diblender dan dipermentasikan lebih kurang 14 hari.

Plh Kasiter Korem 012/TU yang menerima penjelasan sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan Kodim 0107/Aceh Selatan dalam membuat terobosan pupuk organik berbahan alami.

"Terimakasih Pasiter, ajak para Babinsanya terus kembangkan pupuk organik ini agar bisa meringankan beban patani-petani kita. Semoga pupuk ini sangat berguna untuk para petani di wilayah kerja Kodim 0107/Aceh Selatan," imbuh Plh Kasiter Mayor Inf Amrizal.[Red]

Baca Juga