Mantan Kombatan GAM Kembali Serahkan Senpi ke Kodim 0105 Aceh Barat

ACEH BARAT - Mantan Pasukan Komando GAM Muhibbus Sabri alias Tgk. Seulimum (45), menyerahkan satu pucuk senjata api SS1-V5, 1 buah magazen, 1 utas tali sandang dan 17 butir munisi aktif kepada anggota Unit Intel Kodim 0105 Aceh Barat, Sertu Zainuddin dan Sertu Muhammad, Sabtu dini hari (16/09/2017) sekitar pukul 03.00 WIB, bertempat di Desa Jawi, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat.

Dandim 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma memerintahkan anggotanya untuk melakukan pendekatan secara persuasif agar Tgk. Seulimum mau datang ke Makodim untuk menyerahkan langsung dengan tujuan menghindari dampak negatif dari pihak pihak tertentu.

Penggalangan Anggota Unit Intel Kodim Sertu Zainuddin membuahkan hasil yang baik sehingga senjata SS1 V-5 diserahkan langsung oleh Tgk. Selimum, pada tanggal 16 September 2017, pada pukul 09.30 WIB di Makodim 0105/Abar dan diterima langsung oleh Dandim Letkol Herry Riana Sukma, Pasi Intel dan Dan Unit Intel Kodim 0105/Abar.

Dalam kegiatan penyerahan senjata, Dandim langsung melakukan konferensi pers dengan wartawan Aceh Barat, bahwa senjata tersebut diserahkan atas kesadaran pemiliknya. Tidak ada unsur paksaan atau unsur lain dalam penyerahan senjata tersebut.

"Senjata tersebut milik pribadi Tgk. Selimum peninggalan masa konflik Aceh dan tidak pernah digunakan untuk kejahatan atau perbuatan kriminal lain oleh yang bersangkutan. Penyerahan murni dari kesadaran karena sebelumnya Kodim 0105/Abar telah menyebarkan himbauan ke wilayah pedalaman Aceh Barat bagi Mantan Eks GAM ataupun masyarakat yang masih menyimpan senjata bekas konflik atau bekas temuan tsunami Aceh agar diserahkan ke Koramil atau anggota Kodim 0105/Abar yang ada di Wilayah yang salah satunya di Desa Jawi, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat," terang Dandim.

Dijelaskan Dandim, Sertu Zainuddin dan Sertu Muhammad merupakan anggota Unit Intel Kodim 0105/Abar yang telah lama mengenal Tgk. Seulimum (Muhibbus Sabri) berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di wilayah Aceh Barat.

Masih kata Dandim, senjata api jenis SS1-V5, 1 buah magazen, 1 utas tali sandang dan 17 butir munisi yang diserahkan merupakan milik pribadi Tgk. Seulimum (Muhibbus Sabri) yang masih tersimpan dan senjata tersebut merupakan peninggalan masa konflik yang berhasil digalang oleh anggota Unit Intel Kodim 0105/Abar untuk menyerahkan dengan kesadaran dirinya pribadi.

"Tgk. Seulimum merupakan mantan pasukan Komando Pusat GAM yang semasa konflik di BKO kan dari wilayah Pase ke wilayah Aceh Jaya dan Aceh Barat. Tgk. Seulimum adalah satu dari Tim Khususnya Irwandi (Gubernur Aceh)," sebutnya.

"Saat ini senjata tersebut diamankan di Kodim 0105/Abar dan akan dilaporkan ke Komando Atas untuk bahan pertanggungjawaban Dandim 0105/Abar. Sedangkan untuk anggota yang berhasil melakukan Binter dan Penggalangan akan diberikan penghargaan," tegas Dandim 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma.[Pen IM]

Baca Juga