Pangdam IM Pimpin Sertijab Danyonkav 11/MSC Sekaligus Resmikan Lapangan Tembak Pistol

ACEH BESAR - Letkol Kav Nanak Yuliana, S.E, MM. secara resmi menjabat sebagai Komandan Kavaleri 11/MSC menggantikan Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos, MM. Ia akan menjadi Dandim 1306/Donggala Rem 132/Tadulako Kodam XIII/Merdeka.

Serah terima jabatan yang langsung dipimpin oleh Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos. tersebut berlangsung di Lapangan Upacara Mayonkav 11/MSC, Jantho, Aceh Besar, Senin, (25/9/2017).

Pangdam IM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa serah terima jabatan ini merupakan hal yang biasa dilakukan dalam dinamika suatu organisasi TNI-AD, dengan tetap berorientasi pada sinkronisasi kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel, guna meningkatkan kualitas kinerja organisasi.

“Oleh karena itu serah terima Jabatan Danyonkav 11 / Macan Setia Cakti ini hendaknya dapat dipahami sebagai upaya bagaimana kita dapat mengoptimalisasikan pencapaian tugas pokok Kodam Iskandar Muda,” kata Jendral Bintang Dua ini.

Lanjut Pangdam, Batalyon Kavaleri 11 / Macan Setia Cakti mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pertempuran di darat dengan menggunakan kendaraan tempur berlapis baja sebagai peralatan utamanya dan melaksanakan perkuatan kepada satuan kewilayahan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam Iskandar Muda.

"Batalyon Kavaleri 11 / Macan Setia Cakti berperan penting dalam menyelenggarakan pertempuran di darat menggunakan peralatan dan kendaraan taktis, sehingga harus mampu mewujudkan daya gerak, daya tembak dan daya kejut yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas operasi,” ujar Pangdam.

Pangdam berharap dengan dasar tugas pokok tersebut maka, seorang komandan batalyon itu harus mempunyai kekuatan, keunggulan dan pandangan yang jauh ke depan, memiliki banyak ide dan gagasan serta menguasai taktik dan strategi yang matang untuk mencapai keberhasilan dalam setiap tugas yang diberikan.

“Selain itu, Komandan Batalyon harus dekat dengan prajuritnya dan mampu membimbing, mengarahkan dan mengajak para anggotanya untuk selalu bekerja dan berbuat terbaik di dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” tegas Pangdam.

Usai upacara serah terima, ratusan prajurit dan Persit Yonkav 11/MSC menampilkan kolaborasi Tari Saman dan Tari Kecak. Selanjutnya Pangdam IM meresmikan lapangan tembak Pistol Yonkav 11/MSC serta melakukan uji menembak Pistol.

Usai acara Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos. meresmikan Lapangan Tembak Pistol Eksekutif Batalyon Kavaleri 11/Macan Setia Sakti di Komplek Makoyonkav 11/MSC, Jantho.

Lapangan Tembak yang merupakan fasilitas latihan pokok yang dimiliki satuan untuk meningkatkan kemampuan serta naluri tempur menuju profesionalisme prajurit khusunya prajurit Yonkav 11/SC. Peresmian Lapangan Tembak Pistol ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan batu prasasti Lapangan Tembak Pistol “Macan Setia Sakti," oleh Pangdam IM.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kodam IM itu meninjau langsung area gedung dan lapangan tembak, sekaligus melakukan uji lapangan dengan mencoba menembak menggunakan senjata pistol FN bersama dengan Bupati Aceh Besar, Wakil Bupati Aceh Besar dan jajaran Forkompida Aceh Besar, Irdam, Danrindam, para Danrem, Danlanud SIM, Danlanal Sabang, para Perwira Ahli Pangdam, LO AL, LO AU, para Asisten, serta Kabalakdam dan para Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda.

Sementara itu, Letnan Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos., M.M, yang merupakan pejabat lama Danyonkav 11/MSC menyampaikan bahwa lapangan tembak pistol ini merupakan fasilitas yang telah dibangun di atas lahan milik TNI AD yang berada di komplek Yonkav 11/MSC. Selain itu, dia juga mengaskan bahwa keberadaan fasilitas lapangan tembak ini sangat bernilai strategis dalam upaya mendukung tugas pokok prajurit-prajurit Yonkav dalam meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan.[DW]

Baca Juga