Pesan Darwati Untuk Dekranasda Sabang

SABANG - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan Tim Penggerak-PKK Aceh, Darwati A Gani mengajak pengurus Dekranasda dan Tim Penggerak-PKK Sabang untuk memperkuat sektor pariwisata dengan mengembangkan berbagai kerajinan masyarakat dan melakukan pembinaan dan pelatihan bagi usaha kerajinan rakyat.

Hal tersebut disampaikan Darwati saat melantik Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekransda) dan Tim Penggerak PKK Kota Sabang, Ibu Mita Andriani periode 2017-2022 di Kantor Walikota Sabang, Senin (18/09/2017).
"Kita tahu, Kota Sabang sangat terkenal dengan potensi pariwisatanya, karena itu berbagai hasil kerajinan rakyat disini juga harus mampu memperkuat pariwisata," kata Darwati.

Dikatakan Darwati, kebanyakan dari souvenir yang ada di Sabang bukan hasil kerajinan masyarakat Sabang tapi didatangkan dari luar. Oleh sebab itu, Dekranasda harus melakukan pembinaan dan pelatihan bagi usaha kerajinan masyarakat.

"Dekranasda harus memotivasi masyarakat agar mampu memproduksi baik kerajinan maupun makanan lokal Sabang agar ekonomi masyarakat juga meningkat," kata Darwati.

Pengurus Dekranasa, kata Darwati perlu membangun citra positif Dekranasda dan TP-PKK untuk membangkitkan kepercayaan baik dari masyarakat, Pemerintah Daerah, mitra kerja dan stakeholder lainnya.  

"Bangun kerjasama dengan berbagai organisasi lain agar pemberdayaan perajin maupun pemberdayaan keluarga berjalan efektif dan berkesinambungan," ujar Darwati.

Darwati juga menghimbau Dekranasda untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan Kota Sabang dengan melakukan gotong royong serta menjaga kebersihan  dirumah masing-masing. 

"Kalau perlu, buat perlombaan kebersihan supaya masyarakat termotivasi untuk membersihkan pekarangan rumah maupun lingkungan di sekitarnya," ujar Darwati.

Untuk mewujudkan semua itu, kata Darwati, dibutuhkan kepedulian dari pengurus Dekranasda dan TP-PKK Sabang. Pada kesempatan tersebut, Darwati juga meminta Walikota Sabang untuk dapat memperhatikan masalah pelayanan kesehatan di Sabang.

"Saya dengar sering tidak ada dokter di Sabang, atau hanya beberapa hari saja dokternya ada," ujar Darwati.

Kedepan, Darwati berharap pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi untuk membantu masyarakat Sabang yang ingin berobat.

Pelantikan tersebut turut dihadiri Istri Wakil Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, Walikota Sabang, Nazaruddin dan Wakil Walikota Sabang Drs. Suradji Junus serta pengurus Dekranasda Aceh dan Kota Sabang.[Humas Aceh]

Baca Juga