Peusaba Minta Pemerintah Aceh Bangun Ulang Istana Darul Makmur

IST
BANDA ACEH - Ketua Peusaba Mawardi Usman meminta pemerintah dan seluruh elemen masyarakat bersatu padu membangun Aceh. Karena Aceh memiliki karakteristik yang berbeda dengan negeri lain. Hal itu penting diperlihatkan kepada masyarakat luar tentang kekhasan Aceh berupa peninggalan kuno atau replika peninggalan kuno.

Peusaba mengusulkan pembangunan Istana Darul Gampong Pande yang berada di kawasan titik nol Banda Aceh yang juga titik nol Kesultanan Aceh Darussalam. Hal ini perlu dilakukan karena masih adanya para tukang yang ahli membuat rumah Aceh dalam bentuk original.

"Jika tidak, semakin lama kekhasan Aceh akan semakin tergerus modernisasi," kata Mawardi Usman kepada LintasAtjeh.com, Selasa (19/09/2017).

Menurutnya, pembangunan istana ini harus melibatkan seluruh elemen masyarakat Aceh, seperti pembangunan gunongan masa Sultan Iskandar Muda dimana setiap mukim mengirim penduduknya bergotong royong, jadilah gunongan dan taman Ghairah. Makanya dalam istilah Aceh disebutkan istana dan taman adalah tempat berdiamnya Raja milik seluruh rakyat Aceh.

"Dengan adanya Istana Darul Makmur akan tampak nilai khas Aceh sebagai tempat wisata seperti di Istana Istanbul Turki dan istana wisata lainnya. Istana Darul Makmur akan berdiri indah di tepian Samudera Hindia dan menjadi kekaguman tersendiri terhadap Negeri Aceh yang kaya akan khazanah sejarah masa silam," ungkap Mawardi.

Untuk memuluskan rencana Istana Darul Makmur dapat berdiri sesuai aslinya, kata Mawardi, maka Pemerintah perlu menggalang kerjasama dengan Pemerintah Turki dan membuka arsip Diwan Humayun.

"Dalam arsip Diwan Humayun diperkirakan terdapat blue print Istana Darul Makmur dengan mengandalkan blue print dari Turki maka akan bisa dibangun Istana Darul Makmur sesuai dengan bentuk aslinya," sebutnya lagi.

"Turki terkenal dengan kemampuannya memugar istana dan masjid lama sesuai dengan aslinya. Kita harapkan hal yang sama dapat dipraktekkan di Aceh dengan melibatkan ulama, seniman, ahli Aceh yang dapat mendesain sesuai aslinya dan ahli dari Turki maka dapat dibangun kembali Istana Darul Makmur yang indah mempesona seperti yang tertulis dalam hikayat lama. Mari kita wariskan sesuai yang fenomenal untuk bangsa ini sebagai wujud kita pernah hadir di peradaban ini," demikian harap Ketua Peusaba.[Red]

Baca Juga