Ribuan Masyarakat Hadiri Samadiyah Almarhum Pimpinan Dayah Nahjatul Fata

ACEH UTARA - Meninggalnya Tgk. Arifuddin Bin Muhammad, Pimpinan Dayah Nahjatul Fata Gampong Paya Dua Uram, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, banyak meninggalkan kesan, pesan dan duka yang  mendalam. Dayah tersebut merupakan Cabang Dayah Ruhul Fata Seulimum, Aceh Besar.

Pada hari pertama meninggalnya  beliau sampai dengan hari ke tujuh, tampak ada ribuan warga berkunjung ke rumah duka. Kehadiran ribuan para jamaah terdiri dari Tokoh Ulama, Santri, LSM Acheh Future dan anggota DPRK Aceh Utara untuk melakukan Tahlilan Samadiah kepada Almarhum yang meninggal hari Kamis (07/09/2017) usai mengambil air wudhu hendak melaksanakan shalat Magrib.

Keuchik Gampong Paya Dua Uram, Supian kepada wartawan menjelaskan saya berharap pada semua pihak juga Pemerintah Aceh untuk memperhatikan para santri-satriwati yang ada di dayah yang sebagiannya adalah anak yatim dan juga anak kurang mampu.

"Kita berharap agar proses belajar mengajar di dayah yang ditinggalkan oleh almarhum berjalan seperti biasa," ujar Sapian

Hal tersebut dikatakan olehnya pada saat menerima kunjungan Ketua Lembaga Acheh Future Razali Yusuf yang mendampingi Anggota DPRK Aceh Utara Hasanusi, Kamis, (14/09/2017).

Sementara itu, Ketua Lembaga Acheh Future. Razali Yusuf juga mendesak penguasa anggaran di provinsi dan kabupaten kota untuk memperhatikan tentang Anggaran pedidikan dayah. Karena selama ini anggaran untuk biaya pendidikan dayah sangat berkurang.

"Seharusnya eksekutif dan legislatif harus memprioritaskan anggaran untuk pendidikan dayah. Ini demi kemaslahatan ummat, sejarah mudah mencatat pendidikan formal tanpa dibekali dengan pendidikan dayah, ibarat malam tanpa lampu. Bagaimana generasi muda kita bisa taat dan patuh, bila tidak dibekali dengan pendidikan agama?" ucap Razali Yusuf.

Selain itu, Zulhadi selaku Saudara Kandung Almarhum, kepada para jamaah dan handai taulan mengucapkan ribuan terimakasih atas kehadiran para pelayat yang telah mengunjungi rumah duka, untuk melakukan ta'ziah. Semoga kepada almarhum diberikan tempat yang layak disisi Allah SWT.

Zulhadi mewakili  keluarga Almarhum juga tidak lupa mengucapkan permintaan maaf. Kepada semua pihak atas kekhilafan dan semua kesalahan almarhum Tgk. Afifuddin semasa hidupnya.

"Beliau semasa hidup adalah pemimpin di Dayah Nahjatul Fata. Makanya bila ada kesalahan, kekhilafan dan semua kekurangannya, harap dimaafkan," tutur Zulhadi.[*]

Baca Juga