Serka Fatah Anwar Said Pupuk Jiwa Nasionalisme Generasi Muda 

ACEH SELATAN - Memupuk jiwa nasionalisme pada generasi muda bangsa adalah tanggungjawab kita bersama. Peran pemerintah dalam menumbuhkan nasionalisme generasi penerus melalui pendidikan pembangunan karakter.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sersan Kepala (Serka) Fatah Anwar Said, Babinsa Koramil 03/Meukek dengan mengabdikan diri mengajar materi wawasan kebangsaan kepada ratusan pelajar SMK Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (13/09/2017).

Pemberian materi wawasan kebangsaan menitikberatkan pada pengamalan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Serka Fatah memberikan pemahaman kepada ratusan pelajar terkait pengertian Pancasila sebagai dasar dan ideologi.

"Untuk mengatur negara baik penyelenggaraannya sekaligus Pancasila merupakan suatu pandangan untuk meraih cita-cita Bangsa Indonesia. Dasar negara yaitu Pancasila meliputi tujuan negara, cita-cita negara dan juga norma-norma dalam bernegara," terangnya.

Ia menambahkan, begitu pentingnya Pancasila bagi Bangsa Indonesia sehingga semua masyarakat wajib untuk mengetahui Pancasila sebagai ideologi dan juga dasar negara.

Selanjutnya, Serka Fatah bersama beberapa anggota Koramil memberikan pendidikan membangun karakter dengan latihan PBB dan permainan outbond meliputi water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, hoolahoop dan buldozer.

PBB dan permainan outbond dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan sehingga terbentuk karakter yang kuat dalam jiwa generasi muda.

"Outbound adalah alternatif peningkatan nasionalisme, karena didalamnya terdapat nilai kebersamaan, rasa memiliki, rasa kejuangan dan banyak hal positif lainnya," ungkap Serka Fatah.

Terlihat, keseruan dan kebersamaan pelajar dalam mengikuti kegiatan outbond menjadi satu rasa dan sama rata. Tidak terlihat saling membeda-bedakan antara satu dengan yang lain.[Red]

Baca Juga