Wadanpusterad Sambangi Kampus Hijau Kodim 0104/Aceh Timur

LANGSA - Ketua Tim Lomba Binter Tingkat Utama, Brigjen TNI Joko Warsito dan rombongan sambangi Kampus Hijau binaan Kodim 0104/Atim yang terletak di Jalan Prof. Majid Ibrahim, Gampong Seurigit, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Selasa (19/09/2017).

Dalam kunjungan tersebut dihadiri Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.Ip, M.Si, Aster Kasdam IM Kolonel Inf Mahesa, Para Dandim dan Para Danyon jajaran Korem 011/LW.

Dalam lawatannya saat didampingi Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE, Dr. Ir. Ishenny Mohd Noor, M. Eng.Sc selaku penggagas kampus hijau memaparkan kepada Tim Penilai bahwa Kampus Hijau merupakan pengolahan sampah dari limbah masyarakat menjadi produk-produk yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Diantara produk yang sudah dihasilkan dari pengolahan sampah ini adalah Biochar Biopro yang merupakan Pupuk Karbon Organik Penyubur Tanaman, Briqet Biopro atau Briqet untuk Bahan Pembakaran sejenis Parapin," ujar Dr. Ir. Ishenny.

"Selain itu, bisa berfungsi sebagai Bata Karbon Ringan atau disebut Batakar untuk digunakan sebagai bahan material bangunan jalan sungai dan laut untuk mitigasi bencana," imbuhnya.

"Kemudian, asap yang ditangkap dari pembakaran sampah tadi juga bisa dikemas menjadi Liquid Smoke yang berfungsi untuk Insektisida dan Obat Kulit," jelasnya.

Doktor Ishenny juga menyampaikan bahwa pengolahan sampah ini merupakan kerjasama dengan Kodim 0104/Atim yang sebelumnya sudah menggagas Bank Sampah. Hasilnya, bisa menambah pendapatan masyarakat dan tentunya bermanfaat untuk mengurangi pengangguran.

Sementara itu, Brigjen TNI Joko Warsito, Wadanpusterad sangat mengapresiasi gagasan ini, produk unggulan kodim 0104/Atim ini dinilai sangat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat.

Selanjutnya kegiatan diteruskan menuju Koramil 18/Birem Bayen Kodim 0104/Atim guna meninjau Pupuk Keong berbahan Keong ciptaan Babinsa Serda Gazali.[Sm]

Baca Juga