Wow Keren!! Gampong Kuala Langsa Miliki Ambulance Sendiri

LANGSA - Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid membuka launching mobil ambulance milik Pemerintah Gampong Kuala Langsa. Acara yang dilaksanakan di Kantor Geuchik Gampong tersebut, Senin (18/09/2017).

Masyarakat Gampong Kuala Langsa sangat mengapresiasi adanya mobil ambulance yang merupakan gagasan Pemerintah Gampong tersebut. Mobil ambulance merek Daihatsu Gren Mex, nomor polisi BK 1967 OW menjadi salah satu aset gampong yang dapat meningkatkan PAD.

Rusmadi, SKM, Geuchik Gampong Kuala Langsa saat ditemui LintasAtjeh.com mengatakan bahwa wacana pembelian mobil ambulance ini berkat hasil kesepakatan dengan Perangkat Gampong dan Tuhapeut. Pembelian ambulance tersebut bersumber dari Agaran Dana Desa (ADD) tahun 2017 sebesar Rp.280.000.000.

"Kita upayakan nantinya ambulance Desa ini dapat menjalin kerja sama dengan RSUD Langsa, sehingga hasil ataupun sewa mobil ambulance ini dapat menjadi PAD Desa. Dan untuk pengelolaannya langsung ditangani oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)," terangnya.

Rusmadi juga menjelaskan bahwa penggunaan mobil ambulance itu khususnya untuk masyarakat Kuala Langsa akan diberikan keringanan biaya. Karena adanya mobil tersebut memang untuk masyarakat Kuala Langsa.

"Khusus masyarakat Kuala Langsa yang menggunakan mobil ambulance ini akan diberi keringanan dalam biayanya, sebagai contok jika kita gunakan mobil ambulance RSUD Langsa ke Medan dikenakan biaya Rp.1.500.000, maka jika menggunakan mobil ambulance Kuala Langsa hanya kita ambil biaya tranfotasi sebesar Rp.1.200.000 saja," ujar Geuchik yang dikenal ramah tersebut.

Lebih lanjut Rusmadi mengatakan, untuk biaya supir dan perawatan mobil ambulance tersebut, nantinya akan di sisihkan dari dana yang di peroleh dalam penggunaan mobil itu.

"Kita berharap mobil ambulance ini bisa menjadi meningkatkan PAD Gampong dan membantu masyarakat," tutupnya.

Dalam launching mobil ambulan Kuala Langsa yang dibuka oleh Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, turut dihadiri Muspika Langsa Barat, Danposal Kamla Kuala Langsa Letda A. Hamid Rusli, Kasat Polair Iptu Zulkifli, S.Ag, perwakilan dari RSCM PTPN-I Langsa, para Geuchik di wilayah Kota Langsa, tokoh masyarakat dan perangkat Gampong, serta masyarakat Gampong Kuala Langsa.

Danpossal Kamla Kuala Langsa Letda A. Hamid Rusli yang akrab disapa Alex kepada LintasAtjeh.com menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi atas terwujudnya gagasan yang di buat oleh Geuchik Kuala Langsa. 

Karena menurut Alex, dengan adanya mobil ambulance ini sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Kuala Langsa. Dan kehadiran mobil ambulance yang dimiliki Pemerintah Gampong tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mendapat pertolongan.

"Kita juga sangat mendukung program Geuchik Kuala Langsa, sebab dengan adanya ambulance di Desa ini tentunya dapat membantu kebutuhan masayrakat dan menambah PAD Desa," ujarnya.[Sm]

Baca Juga