18 Desember, Pemkab Aceh Besar Jadwalkan Pilkades 90 Keuchik

ACEH BESAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar dijadwal­kan akan melaksanakan pemilihan keuchik langsung serentak (Pilciksungtak) pada 90 gampong di sejumlah kecamatan di wilayah tersebut.

"Pesta demokrasi tingkat gampong dijadwalkan berlangsung 18 Desember 2017 mendatang dan kami berharap berjalan dengan baik," kata Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali, kepada wartawan, di Kota Jantho, Selasa (10/10/2017).

Menurut Mawardi Ali, Pilchiksung serentak akan digelar di 23 kecamatan di Aceh Besar meliputi 3 gampong dalam Kecamatan Seulimuem, Darussalam 6 gampong, Lhoong 1 gampong, Kota Jantho 2 gampong, Kuta Cot Glie 4 gampong, Sukamakmur 4 gampong, Montasik 9 gampong, Kuta Malaka 2 gampong, Leupung 3 gampong, Kuta Baro 4 gampong, Baitussalam 1 gampong, Ingin Jaya 13 gampong, Darul Kamal 5 gampong, Lhoknga 3 gampong, Indrapuri 2 gampong, Peukan Bada 1 gampong, Simpang tiga 4 gampong, Blang Bintang 8 gampong, Mesjid Raya 2 gampong, Lembah Seulawah 3 gampong, Darul Imarah 4 gampong, Krueng Barona Jaya 1 gampong dan Kecamatan Pulo Aceh 5 gampong, sehingga jumlah seluruhnya mencapai 90 gampong.

Dijelaskannya, pelaksanaan Pilchiksungtak tersebut berdasarkan UUPA No. 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, Undang-Undang Tahun 2014, Pasal 31 tentang Desa dan Qanun Aceh Nomor 4 tahun 2009. Adapun ke-90 gampong ini dilakukan pemilihan keuchik langsung serentak karena pada tahun 2016 pada saat Pilkada, 90 gampong tersebut tidak melakukan pemilihan. 

"Kita berharap kepada semua masyarakat di gampong-gampong yang dilakukan pemilhan tersebut untuk betul-betul memilih keuchik yang memiliki kompetensi, karena keuchik di era sekarang memegang peranan penting untuk kelanjutan pembangunan di gampong. Apalagi dengan adanya dana desa. 

Jadi pemilihan ini menjadi momentum awal untuk pembangunan masyarakat di gampong, baik untuk pembangunan fisik, ekonomi, agama, dan lainnya. Pembangunan ini memang sangat ditentukan oleh pimpinan kepala desa masing-masing.

"Oleh karena itu, sekali lagi kami berharap kepada masyarakat untuk betul-betul memilih keuchik yang mampu mengelola aspirasi warganya," harap Mawardi Ali.

Ia menambahkan, melalui Pilchiksungtak tersebut diharapkan menjadi momentum untuk membangun Aceh Besar dan membangun demokrasi di wilayah itu untuk kemajuan pembangunan di daerah tersebut.

"Nantinya semua keuchik terpilih akan dilantik langsung oleh Bupati Aceh Besar pada 18 Desember 2017 secara serentak di Meuligoe Bupati Aceh Besar di Kota Jantho dengan menggunakan seragam putih. Dan juga pada pelantikan tersebut, akan diundang sebanyak 50 tokoh masyarakat setiap gampong yang telah melaksanakan Pilchiksungtak," demikian Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali.[DW]

Baca Juga